amandel, apa fungsinya?

Amandel dikenal juga dengan nama tonsil merupakan organ yang penting bagi tubuh. Amandel adalah salah satu jaringan limfoid di daerah faring. Fungsi utama jaringan yang letaknya di bagian belakang rongga mulut itu memproduksi sel-sel limfosit yang termasuk bagian dari jenis sel darah putih.

amandel atau tonsil

amandel atau tonsil

Organ ini juga berperan penting dalam tahap-tahap awal kehidupan untuk melawan infeksi selaput lendir di belakang rongga hidung dari udara pernapasan sebelum masuk ke saluran napas bagian bawah. Dari penelitian juga diketahui, tonsil dapat juga memproduksi antibodi yang berperan dalam memproduksi Imunoglobulin A. Antibodi inilah yang membuat jaringan lokal tahan terhadap kuman – kuman penyakit.

Sehingga fungsi amandel ini adalah menjadi benteng pertahanan terdepan yang menangkis serangan kuman penyakit yang masuk melalui pernapasan dan mulut.

Lalu, bagaimana jika dilakukan operasi amandel, akan mempengaruhi daya tahan tubuh? Jawabnya ya. Oleh karena itu, sebisa mungkin amandel sebaiknya jangan dioperasi. Karena tubuh dapat kehilangan salah satu sistem pertahanan tubuhnya. Sehingga tubuh tanpa amandel akan lebih rentan sakit daripada yang ada amandelnya.

Walau demikian, pihak medis pun mempunyai alasan mengapa amandel harus dibuang. Bila penyebab infeksi pada amandel adalah kuman yang berbahaya dan bersifat darurat maka tindakan tersebut mungkin perlu dilakukan

Untuk menghindari radang datang, selalu jaga kondisi badan tetap fit. Minum air hangat dipagi hari dapat menjaga agar radang tidak mudah menyerang. Ketika badan terasa kurang fit, hindari minuman dingin yang memicu bakteri/virus/kuman menyerang. Minum suplemen herbal juga dapat membantu meredakan radang sekaligus mencegah radang datang menyerang.

Yang dicari pengunjung:

About Author: obatamandel
Berbagi Informasi Tentang Penyebab Amandel, Gejala Amandel, Penyakit Amandel, Operasi Amandel, Obat Amandel Untuk Anak dan Dewasa

Comments are closed.