Amandel Apakah Berbahaya ?

Seperti kita tahu bahwa penyakit radang amandel lebih sering terjadi pada anak-anak tetapi orang dewasa pun tak luput dari penyakit ini. Maka dari itu kita semua harus lebih berhati-hati dengan penyakit apapun termasuk penyakit radang amandel. Orang dewasa dan juga para orang tua harus lebih memperhatikan pola makan, dan minuman, menjaga kebersihan makanan dan minuman, menjaga kebersihan diri sendiri, dan menjaga kebersihan peralatan makanan dan minuman yang akan digunakan. Lebih baik kita semua menjalani pola hidup sehat, karena kesehatan itu mahal. Kalau kita sudah terkena suatu penyakit, berapakah biaya yang harus kita keluarkan untuk kesembuhan pada diri kita. Mulai dari sekaranglah kita harus sering mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan hindari makanan yang berbahan pengawet berlebihan.

operasi amandel

operasi amandel

Penyakit radang amandel adalah penyakit yang disebabkan infeksi kuman, bakteri, atau virus yang terjadi dibagian organ mulut atau tenggorokan adanya pembesaran kelenjar amandel di ujung belakang lipatan mulut. Organ mulut atau tenggorokan sangat berperan penting dalam mengolah makanan. Jadi, kalau sudah terkena radang amandel sangat mengganggu kesehatan, karena menghambat jalan masuknya makanan ke dalam tubuh kita dan menghambat saluran pernapasan. Radang amandel ini berbahaya dan dapat menimbulkan sumbatan jalannya pernapasan dan gangguan menelan. Hal tersebut akan menyebabkan menurunnya oksigenasi terutama ke otak dan menyebabkan anak terganggu proses perkembangannya, kurangannya konsentrasi menghadapi pelajaran di sekolah, dan juga malas belajar atau si anak menjadi bodoh. Jika radang amandelnya membesar dan tidak dioperasi akan mengganggu perkembangan anak dan anak kurang gizi.

Amandel menurunkan kecerdasan?

Selain dapat menurunkan kecerdasan karena sering sakit sehingga belajar terganggu, dapat timbul komplikasi ringan bahkan sampai mengancam kematian atau gejala subjektif pada pasien berupa rasa nyeri pasca bedah dapat saja terjadi. Radang amandel berpotensi dapat menularkan penyakit ke orang lain. Jika terlalu dekat berhubungan dengan penderita radang amandel melalui kontak fisik. Komplikasi lain yang bisa terjadi seperti gangguan pendengaran, pilek berkepanjangan, gangguan pada katup jantung, ginjal, dan rematik. Itulah komplikasi yang akan terjadi jika radang amandelnya tidak cepat-cepat diobati.

Sebaiknya kita mengenali dahulu gejala-gejala radang amandel, sebagai berikut:
1. Demam tinggi, sakit kepala.
2. Badan menjadi lemas, napsu makan berkurang.
3. Tenggorokan sakit saat menelan.
4. Mual-mual.
5. Bau mulut.
6. Nyeri otot.
7. Dapat disertai batuk, pilek, suara serak, nyeri perut.
8. Mendengkur saat tidur
9. Saat dilihat bagian tenggorokannya terjadi pembesaran pada amandel dan adanya bercak putih pada permukaan amndel.

Kalau kita sudah tahu gejala-gejala radang amandel, kita juga harus tahu pencegahannya agar terhindar dari radang amandel. Berikut ini tips-tipsnya:
1. Mencuci tanggan sebelum atau sesudah makan.
2. Gunakan peralatan makan sendiri tidak bergabung dengan orang lain.
3. Jangan makan atau minum yang bersifat dingin.
4. Jangan makan gorengan.
5. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbahan pengawet yang berlebihan.
6. makan makanan yang sehat.
7. Istirahat yang cukup.
8. Berkumur air garam 3-4 kali sehari.
9. Kompres leher dengan air hangat setiap hari.

Banyak sekali cara mengobati radang amandel, dengan cara berobat ke dokter agar bisa melihat kondisi radang amandel yang membesar apakah harus melakukan operasi atau tidak. Dalam kondisi darurat maka dokter biasanya melakukan operasi. Bisa juga dengan cara membuat obat tradisional atau herbal sendiri dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang bisa di jadikan obat radang amandel.

Jadi kita harus menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan agar terhindar dari radang amandel.

Yang dicari pengunjung:

About Author: obatamandel
Berbagi Informasi Tentang Penyebab Amandel, Gejala Amandel, Penyakit Amandel, Operasi Amandel, Obat Amandel Untuk Anak dan Dewasa

Comments are closed.