Amandel pada anak? Apa gejala radang amandel dan perlukah operasi amandel

Amandel adalah salah satu jaringan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh di bagian saluran pernapasan. Bagaimana amandel pada anak? Apa gejala radang amandel dan perlukah operasi amandel selalu menjadi pertanyaan banyak orang tua. Peradangan di saluran napas atas dapat menyebabkan amandel meradang, merah, dan membesar. Penyebab yang paling sering adalah virus, dan hanya sebagian kecil yang disebabkan oleh jenis bakteri sehingga sering kali tidak memerlukan terapi antibiotik.

Gejala Radang Amandel

Cara mengetahui terserang radang sangat sederhana. Indikasi yang ditemukan adalah organ amandelnya meradang, merah, dan membesar. Tentu seringkali disertai dengan demam antara 38,5-39,5 oC.
Indikasi atau tanda-tanda infeksi terjadi berulangkali jika tidak dijaga pola makannya. Sehingga terus perhatikan jenis makanannya. Sebisa mungkin hindari konsumsi air es, dan makanan yang bersifat tajam seperti terlalu asin, terlalu manis, dan terlalu pedas.

amandel-anak

amandel-anak

Operasi Amandel

Amandel yang sering meradang pada anak tidak serta merta harus segera di operasi. Tindakan operasi dianjurkan bila terjadi pembesaran tonsil yang menyebabkan gangguan dan sumbatan jalan napas saat tidur (Sleep Apnea Syndrome). Kasus lain radang amandel yang bersifat kronis dan menyebabkan gangguan aktifitasnya dalam kegiatan sehari-hari.

Pada anak, fungsi amandel sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh khususnya di daerah saluran napas atas. Pertimbangan tersebut maka tindakan operasi menjadi opsi terakhir pada kasus radang amandel, hanya pada kriteria yang jelas dan kuat. Dalam banyak kasus radang amandel sendiri disebabkan karena infeksi oleh virus. Sehingga pengobatannya adalah berdasarkan pertimbangan penyebabnya.

Apa Dasar Operasi Amandel?

Operasi amandel menjadi pertimbangan medis jika ditemukan hal-hal seperti : pembesaran tonsil yang hampir menutup saluran napas sehingga ia kesulitan bernapan dan terbangun karena sulit bernapas, tonsilnya meradang dan bernanah. Bila tidak ada indikasi tersebut, tidak memerlukan tindakan operasi.

Di musim pancaroba ini kasus amandel meningkat tajam. Sebaiknya selalu jaga kesehatan agar terhindar dari radang dan sakit amandel.

Yang dicari pengunjung:

About Author: obatamandel
Berbagi Informasi Tentang Penyebab Amandel, Gejala Amandel, Penyakit Amandel, Operasi Amandel, Obat Amandel Untuk Anak dan Dewasa

1 comment(s) on “Amandel pada anak? Apa gejala radang amandel dan perlukah operasi amandel