Kanker Kelenjar Getah Bening

kelenjar getah bening
Kanker kelenjar getah bening dan bisa di sebut limfoma adalah kanker ganas yang berkaitan dengan sistem limfatik. Sistem limfatik dapat merupakan dari bagian penting sistem kekebalan tubuh yang dapat membentuk pertahanan alamiah pada tubuh dan melawan infeksi pada kanker. maka dapat di kenali dengan lebih detail adalah ciri ciri penyakit kelenjar getah bening

Cairan limfatik sendiri adalah sebuah cairan putih yang menyerupai susu yang mengandung,protein,lemak dan limfosit yang semuanya mengalir ke seluruh dalam tubuh lewat pembuluh limfatik.

Gejala umum yang dirasakan pada penderita kanker kelenjar getah bening meliputi pembengkakan kelenjar getah bening pada leher, ketiak atau pangkal paha.

PENYEBAB

Penyakit pada kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh infeksi dari berbagai organisme, yaitu bakteri, virus, protozoa, riketsia atau jamur. Secara khusus, infeksi dapat menyebar ke kelenjar getah bening dari infeksi kulit, telinga, hidung atau mata.

Penyebabnya tidak diketahui, tetapi banyak bukti-bukti menunjukkan adanya hubungan dengan virus yang masih belum dapat dikenali.
Sejenis limfoma non-Hodgkin yang berkembang dengan cepat dan berhubungan dengan infeksi karena HTLV-I (human T-cell lymphotropic virus type I), yaitu suatu retrovirus yang fungsinya menyerupai HIV penyebab AIDS.

Limfoma non-Hodgkin juga bisa merupakan komplikasi dari AIDS.

Gejala kanker kelenjar getah bening:

  1. Dapat timbul benjolan yang kenyal
  2. Tidak terasa nyeri
  3. Mudah digerakkan
  4. Tidak ada tanda-tanda radang
  5. Kehilangan berat badan lebih dari 10% dalam 6 bulan
  6. Sering keringat malam
  7. Demam berkepanjangan dengan suhu lebih dari 38 derajat Celcius.
  8. Gejala awal yang dapat dikenali adalah pembesaran kelenjar getah bening di suatu tempat (misalnya leher atau selangkangan) atau di seluruh tubuh.
  9. Kelenjar membesar secara perlahan dan biasanya tidak menyebabkan nyeri.

Kadang pembesaran kelenjar getah bening di tonsil (amandel) menyebabkan gangguan menelan.
Pembesaran kelenjar getah bening jauh di dalam dada atau perut bisa menekan berbagai organ dan menyebabkan:

  • gangguan pernafasan
  • berkurangnya nafsu makan
  • sembelit berat
  • nyeri perut
  • pembengkakan tungkai.

sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Semoga sehat selalu .

Yang dicari pengunjung:

About Author: obatamandel
Berbagi Informasi Tentang Penyebab Amandel, Gejala Amandel, Penyakit Amandel, Operasi Amandel, Obat Amandel Untuk Anak dan Dewasa

Comments are closed.