Operasi Amandel ? Apakah Harus Dilakukan

Radang amandel atau tonsillitis adalah peradangan atau pembesaran pada kelenjar getah bening yang terletak di kedua sisi tenggorokan yang sering terjadi pada anak-anak. Radang amandel mungkin melibatkan daerah lain di bagian belakang tenggorokan termasuk adenoid dan tonsil ligual. Infeksi pada amandel disebut tonsillitis. Ada beberapa macam radang amandel seperti: radang amandel akut, berulang, dan radang amandel kronis dan abses peritonsillar. Pembengkakan pada amandel biasanya disebabkan oleh salah satu infeksi virus atau bakteri. Radang amandel yang tidak parah biasanya membaik tanpa pengobatan dan umumnya tidak terjadi komplikasi. Radang amandel sering terjadi pada anak-anak dan anak remaja tetapi dapat terjadi pada usia berpa pun.

Beberapa gejala-gejala radang amandel meliputi:
* Streptococcus dan demam
Bila radang amandel disebabkan oleh bakteri, jenis yang paling umum dari bakteri yang menyebabkan radang amandel adalah streptococcus. Demam kelenjar merupakan salah satu virus penyakit yang dapat menyebabkan radang amandel, tetapi ada banyak virus lain yang bisa memicu terjadinya radang amandel.
* Flu, pilek.
Radang amandel dapat diobat dengan antibiotik. Radang amandel dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak sosial seperti batuk, bersin dan pilek.
* Sukar menelan makanan dan minuman yang akan masuk ke mulut.
* Sakit kepala.
* Kehilangan napsu makan saat radang amandel menyerang.
* Demam tinggi selama radang amandel.
* Muntah-muntah.
* Nyeri pada perut.
* Suara menjadi serak.
* Badan menjadi lemas tidak bertenaga.
* Adanya pembengkakan kelenjar getah bening di bawah sisi rahang tenggorokan.

tonsilitis kronis

tonsilitis kronis

Ada dua alasan utama jika tidak diberikan resep antibiotik oleh dokter saat terkena radang amandel, antara lain:
1. Dalam kebanyakan kasus radang amandel penggunaan antibiotik tidak akan mempercepat waktu pemulihan tetapi masih dapat menyebabkan efek samping seperti nyeri pada perut. Antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi yang tidak serius, semakin besar kemungkinan tidak akan efektif dalam mengobati infeksi yang lebih serius (ini dikenal sebagai resistensi antibiotik)

2. Biasanya penicillin bisa dianjurkan oleh dokter tetapi jika seseorang memiliki alergi terhadap penicillin maka antibiotik adalah alternatifnya, seperti eritromisin yang bisa digunakan.

Jika seseorang terus menerus sering mengalami radang amandel dalam jangka waktu yang lama sehingga mengganggu aktifitas belajar atau bekerja dan juga radang amandelnya sudah parah mungkin harus diperiksakan ke dokter THT. Dan dokter akan memberi saran kepada pasien kalau radang amandel yang pasien alami harus dilakukan operasi amandel. Operasi amandel yang dikenal sebagai tonsilektonomi. Sebuah komplikasi yang relatif umum terjadi saat operasi adalah pendarahan di bagian amandel. Hal ini dapat terjadi dalam 24 jam pertama setelah operasi atau sampai dengan 10 hari setelah operasi.

Diperkirakan bahwa sekitar 1 dari 100 anak dan 1 dalam 30 orang dewasa akan mengalami pendarahan pasca operasi radang amandel. Pendarahan kecil biasanya tidak menjadi perhatian dalam banyak kasus. Berkumur dengan air dingin dapat membantu mendarahan kecil tidak terjadi lagi. Namun dalam beberapa kasus pasca operasi radang amandel mengalami pendarahan meluas, sehingga menyebabkan pasien bisa batuk darah. Pendarahan yang meluas mungkin memerlukan pengobatan dengan pembedahan atau transfusi darah.

Jika amandel anda tidak ingin dioperasi lebih baik anda menjaga makanan dan minuman yang akan dikonsumsi dan menjaga kesehatan dengan baik supaya anda terhindar dari operasi amandel. Konsumsi lamandel dengan rutin agar terhindar juga dari radang amandel.

Yang dicari pengunjung:

About Author: obatamandel
Berbagi Informasi Tentang Penyebab Amandel, Gejala Amandel, Penyakit Amandel, Operasi Amandel, Obat Amandel Untuk Anak dan Dewasa

Comments are closed.