Penyakit amandel yang mengganggu sistem kekebalan tubuh

penyakit amandel yang mengganggu sistem kekebalan tubuh

Penyakit amandel merupakan penyakit yang sering kali banyak terjadi di masyarakat. Meskipun bukan tergolong jenis penyakit berat, namun jika dibiarkan berkelanjutan penanganannya pun membutuhkan biaya yang tergolong besar pula. Penyakit ini kebanyakan menyerang anak kecil dibawah usia 6 tahun.

Apa sebenarnya penyakit amandel itu?

Penyakit Amandel atau istilah kedokterannya tonsilitis, adalah  penyakit radang pada jaringan tonsil pada rongga mulut. Tonsil sendiri adalah adalah jaringan limfoid (kelenjar getah bening) yang terletak pada kerongkongan dan sebelah kiri dan kanan belakang rongga mulut. Fungsi tonsil dalam tubuh adalah sebagai jaringan system kekebalan tubuh dari gangguan berbagai penyakit, terutama yang berasal dari ronggga mulut, hidung dan kerongkongan.

Mengapa penyakit amandel biasanya terjadi pada anak kecil dibawah usia 6 tahun?

Hal ini terjadi karena fungsi kerja aktif amandel atau tonsil sebagai sitem pertahanan tubuh memang bekerja pada anak usia dini. Fungsi pertahanan tubuh ini akan digantikan oleh jaringan lain begitu anak melewati usia tersebut. Penyakit amandel bisa terjadi karena adanya infeksi pada jaringan amandel tersebut, biasanya disebabkan oleh bakteri jenis streptococcus. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak benar, misalnya terlalu banyak makan yang mengandung mecin ataupun terlalu pedas yang bisa menimbulkan luka pada jaringan mulut, salah satunya amandel, yang bisa memacu bakteri penyakit menyerang jaringan tersebut.

penyakit amandel yang mengganggu sistem kekebalan tubuhGejala awal radang amandel biasanya ditandai dengan rasa susah menelan. Hal ini diakibatkan oleh semakin membengkaknya jaringan tonsil. Biasanya pada gejala awal tidak disertai dengan demam.  Namun pada kasus yang lebih parah, bisa disertai dengan demam serta rentan terserang penyakit batuk atau pun flu.

Radang amandel bisa dikategorikan berbahaya dan harus diambil tindakan operasi jika telah terjadi beberapa gejala seperti berikut : gangguan napas ketika tidur (sleep apnea), nafas bau akibat banyaknya bakteri dalam rongga mulut), dan timbulnya nanah atau bisul pada jaringan amandel.

Mengingat besarnya resiko yang akan terjadi pada penyakit amandel tersebut, hendaknya para orang tua bisa waspada terhadap gejala peradangan amandel tersebut. Jika sampai harus dilakukan tindakan operasi, selain faktor biaya juga riskan mengingat anak yang masih usia dini harus mengalami proses operasi.

Obat herbal yang dapat mengatasi amandel yang meradang adalah Lamandel. Lamandel merupakan obat herbal yang terbuat dari bahan alami dan sesuai dengan standar pembuatan obat herbal. Lamandel dapat dikonsumsi mulai anak usia 2 tahun hingga orang dewasa. Dapatkan info dan pemesanan Lamandel melalui SMS atau telepon ke:

Hubungi: 0857 10484765 / 0819 08252178
Pin BB: 32E30D90

Yang dicari pengunjung:

Post Tags
About Author: obatamandel

Comments are closed.