Mengenal Radang Amandel Kronis – Tonsilitis Kronis

Setelah sebelumnya kita membahas kasus radang amandel akut, maka kali ini akan dibahas tentang radang amandel kronis.

Apa itu radang amandel kronis?

Bakteri penyebab tonsillitis atau amandel kronis sama halnya dengan tonsillitis akut, namun terkadang bakteri berubah menjadi bakteri golongan Gram negatif. Penyebab utamanya adalah kondisi mulut yang tidak hygienis, pengobatan radang akut yang tidak efektif, maupun rangsangan kronik karena rokok maupun makanan.

radang amandel kronis

radang amandel kronis

Karena proses terjadinya radang amandel berulang maka epitel mukosa dan jarinagn limfoid terkikis, sehingga pada proses penyembuhan jaringan limfoid diganti dengan jaringan parut. Jaringan ini akan mengerut sehingga ruang antara kelompok melebar yang akan diisi oleh detritus, proses ini meluas hingga menembus kapsul dan akhirnya timbul perlekatan dengan jaringan sekitar fosa tonsilaris.

Gejala radang amandel kronis

Radang amandel yang bersifat kronis ditunjukkan adanya keluhan pasien di amandel maupun tenggorokan seperti ada penghalang, tenggorokan terasa kering, pernapasan berbau. Sat pemeriksaan ditemukan tonsil membesar dengan permukaan tidak rata, kriptus membesar dan terisi detritus.

Pemeriksaan amandel kronis

Pemeriksaan pada kasus amandel kronis dilakukan dengan 2 tahap.
Pertama dengan : Terapi mulut (terapi lokal) ditujukan kepada hygiene mulut dengan berkumur atau obat isap. Pengechekan secara detail dilakukan juga kultur dan uji resistensi kuman dari sedian apus tonsil.

Apa indikasi diperlukan operasi pada kasus amandel kronis?
Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam mengambil langkah tonsilektomi atau operasi amandel:
A. Sumbatan
Kasus hiperplasia tonsil dengan sumbatan jalan nafas, gangguan menelan, gangguan berbicara, dan umumnya secara medis terkena juga sleep apnea

B. Infeksi
Adanya infeksi telinga tengah berulang, Rinitis dan sinusitis yang kronis, Peritonsiler abses, Tonsilitis kronis dengan gejala nyeri tenggorok yang menetap

C. Kecurigaan adanya tumor jinak atau ganas dengan pemeriksaan yang detail

Amandel kronis pada dasarnya masih dapat dihindari tentunya dengan pola hidup yang lebih baik. Konsumsi makanan yang tepat dan gangguan debu merupakan faktor utama dari kasus amandel kronis. Radang amandel yang sering kali terjadi pada anak-anak memang perlu di waspadai karena amandel adalah filter tubuh yang harus menyaring kuman atau penyakit. Jika terlalu sering terserang malah berpotensi menjadi tempat bersarangnya sumber penyakit.

Semoga dengan lamandel bisa membantu mengatasi masalah amandel keluarga anda.

Yang dicari pengunjung:

About Author: obatamandel
Berbagi Informasi Tentang Penyebab Amandel, Gejala Amandel, Penyakit Amandel, Operasi Amandel, Obat Amandel Untuk Anak dan Dewasa

Comments are closed.