Selamat Tinggal Radang Amandel

Radang amandel atau pembesaran kelenjar amandel adalah hal yang sangat sering terjadi pada anak-anak. Menurut dr. Rita, Pengelola Program Kesehatan Mandiri, yang sering mengadakan pemeriksaan di sekolah dasar (SD), mengatakan 50% anak yang diperiksa mengalami pembesaran kelenjar amandel. Ada beberapa pula yang ditemukan telah meradang.

Gejala Anak yang mengalami radang amandel antara lain sering batuk – pilek, tenggorokan sakit dan susah menelan. Nafsu makan kurang, sehingga sering badannya menjadi kurus. Meskipun tidak berarti anak yang gemuk akan terbebas dari radang amandel.

Radang amandel yang terjadi menyebabkan elastisitas otot sekitar kerongkongan berkurang, sehingga dapat menyebabkan amandel membesar walau tidak radang. Pembesaran ini menyebabkan saluran nafas tertekan sehingga mendengkur saat tidur.

Konsentrasi anak yang menderita radang amandel dapat menurun karena aliran oksigen ke otak kurang baik, dan cenderung bernafas menggunakan mulut untuk melegakan pernafasannya.

amandelPenyebab amandel antara lain adalah daya tahan tubuh yang rendah kerena gizi makanan yang kurang seimbang, serta zat aditif malanan yang menekan daya tahan tubuh. Seperti kita ketahui bersama saat ini jajanan yang beredar disekolah tidak lepas dari bahan pengawet, pewarna, dan penyedap.

Pengabatan sakit amandel seperti ini pada umumnya secara sistomatis, yaitu dengan memberikan obat batuk- pilek, penurun panas saat demam, dan antibiotik. Radang yang terjadi berulang, menyebabkan amandel membesar walau tidak radang. Hal ini cukup mengganggu,sehingga dokter menyarankan operasi pengangkatan kelenjar amandel. Padahal fungsi amandel sendiri pada dasarnya adalah sebagai penyaring kuman sebelum masuk dalam tubuh. Sehingga dalam beberapa penelitian, ada yang menyebutkan daya tahan tubuh anak tidak membaik setelah operasi.

Di alam indonesia ini banyak sekali tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati dan mencegah radang amandel, antara lain : mengkudu, daun pecut kuda, sambiloto, jarong, kapulaga, kunyit, semanggi gunung, dan sosor bebek.

Yang dicari pengunjung:

About Author: obatamandel
Berbagi Informasi Tentang Penyebab Amandel, Gejala Amandel, Penyakit Amandel, Operasi Amandel, Obat Amandel Untuk Anak dan Dewasa

29 comment(s) on “Selamat Tinggal Radang Amandel

  • kak sya ingin tnya klw amandel bisa gk diobati hnya dgn cra minum air anget tiap hri dan lehernya ditutupinn pke kain biar gk msuk angin
    apa kdua cara itu bisa mngobati atau tidak ?

    • bisa dikurangi dengan cara itu juga.
      pastikan juga menghindari minuman dingin dan makanan dengan perasa buatan ya…

  • Saya mau tanya, Jika amandel sedang bengkak. Bolehkah mengkonsumsi makanan bersantan?
    Terimakasih

    • secara umum makanan bersantan tidak masalah. Hindari minuman dingin dan makanan dengan zat pengawet dan perasa buatan. terima kasih, semoga sehat selalu…

  • bahan alami apa saja yang dapat menyembuh kan amandel

  • saya mau tanya terkadang amandel saya kambuh setelah makan-makanan yang mengandung bumbu instan misal nya tela-tela apa bisa seperti itu ??

    • Umumnya bahan-bahan perasa buatan banyak mengandung kimia buatan, sehingga kurang baik terhadap tubuh.
      Secara alami tubuh menolak bahan-bahan tersebut.
      baiknya dikurangi dan dihindari. semoga sehat selalu…

  • selain di apotik k-24,LAMANDEL dapat dibeli dimana saja?

  • saya mo tanya dok,sudah 2hr ini saya menderita sakit ditenggorokan.dan setelah periksa ke THT ternyata amandel saya membengkak,saya disuruh melekukan operasi setelah obat habis.apakah itu sebuah keharusan?atau mungkin amandel saya bisa disembuhkan dengan cara tidak dioperasi?

  • thx u lamandel…………
    ini kedua kalinya saya menulis dirubrik ini, bbrp bln lalu saya pernah mengisi pertanyaan dirubrik ini n terimakasih jawaban dr LAMANDEL sangat memuaskan saya namun saya belum sempat mencoba produk tersebut. Kali ini setelah saya putus asa dgn batuk yg tak kunjung sembuh pd ke-3 anak saya maka saya teringat dgn LAMANDEL, skrg saya sedang mencoba produk ini, bbrp hari yg lalu saat semua org tidur dgn nyenyaknya tidur, anak2 saya yg usianya 4 thn 9 bln (kembar), 1 thn 10 bln (laki2)sepanjang malam batuk tak henti disertai bibir mereka merah (radang), sbg seorg ibu sedih n putus asa, sambil menunggui mereka saya menangis, saat itu tiba2 saya teringat LAMANDEL, besok harinya langsung saya beli n berikan pd ketiga anak saya (3 kali sehari) n yg menbuat semakin mantap pd LAMANDEL adalah saat tiba malam harinya benar2 diluar dugaan saya, dr mereka tidur hingga bangun pagi, tidak satu pun saya dengar mereka batuk n bibir mereka normal warnanya (bukan warna jika ada peradangan)walaupun pd saat siang sore batuk masih tetap ada namun berkurang, dalam hati masih bertanya2 apakah ini hasil dr LAMANDEL? saat ini anak2 saya sudah 1 minggu mengkonsumsi LAMANDEL n perubahan membaik saya rasakan, saya bertekad ingin menggunakan LAMANDEL sampai bbrp bln kedepan, smoga LAMANDEL benar2 solusi terakhir saya untuk kebaikan kesehatan anak2 saya.
    yg ingin saya tanyakan:
    bolehkah mengkonsumsi LAMANDEL bersamaan dr pemberian vit atau obat dokter(jika suatu saat ada obat dr dokter) atau perlu dijarakkan bbrp jam?
    bolehkah LAMANDEL dikonsumsi tiap hari tanpa putus spt vit?
    adakah efek samping dr LAMANDEL?
    apakah kandungan LAMANDEL 100% alami (tdk ada kandungan kimia spt obat2 diapotik)?
    saya baca diatas vetsin tidak boleh tuk amandel, apakah sejenis penyedap rasa cair n kaldu kemasan juga tidak boleh?
    apa saja pantangan bagi penderita amandel?
    mohon penjelasan dr LAMANDEL krn saya buta sekali tentang penyakit amandel ini.
    TERIMA KASIH LAMANDEL

    • 1. Lamandel bisa di konsumsi bersamaan dengan obat kimia / dokter dengan jarak minum antara 30-60 menit. Bisa sebelumnya atau sesudahnya.

      2. Betul bu LAMANDEL 100% alami, bahan dari temulawak, daun pegagan dan daun pecut kuda

      3. Sebaiknya dihindari makanan berpengawet, pewarna, dan perasa yang berlebihan bu. Gunakan kaldu alami lebih baik.

      4. Untuk mencegah radang hindari juga minuman dingin.

      Terima kasih atas informasi dan masukannya. Semoga ibu Christin dan keluarga sehat selalu

  • mw tanya, amandel yang sudah membesar apakah bisa dikecilkan, dengan obat biasa?

    thanks

    • Organ amandel akan secara otomatis membesar saat terserang virus / bakteri, sehingga terjadi radang amandel. Jika seringkali terserang radang maka umumnya akan menjadi jaringan tubuh. Sejauh kondisinya masih T1 -T3 dan belum mengganggu amandel tidak perlu dioperasi.

  • tolong secepatnya pertannyaan saya dijawab menginggat anak saya umur 2-th 9-bulan sudah dinyatakan infeksi/kedua amandelnya kiri dan kanan sudah sangat meradang alias membengkak sehingga hannya ada sedikit celah yang terlihat untuk memasuki makanan lwt tenggorokan.

    apakah benar perlu dioperasi atau tolong saya solusinnya apa saja yang dapat mengobati tanpa harus dioperasi.

    riwayat:

    dulu saya mempunnyai seorang pembantu yang khusus menjaga anak sampai diusia anak saya mencapai 2 tahun, dari pengalaman dia menjaga anak saya selalu saja sebut saja pembantu saya “mama eko”terlihat sakit dan beberapa kali dia selalu disuruh dokter untuk cek up penyakitnya tapi dia tdk memberi tahukan penyakitnya lebih detail yang dia bilang cuma gondokan tapi aku dah curiga mungkin penyakitnya bs menular terhdp anak2 saya karena gejala dia tenggorokan membengkak dan nafas dia seperti sesak nafas ( asma ), tolong dijawab apakah ini salah satu tanda2 juga untuk radang pada amandel. thx untuk infonnya mohon dijawab juga melalui email saya (Afi_Balikpapan@yahoo.com).

    • gondong -> disebabkan oleh infeksi virus, pembesaran di samping. Menular.

      gondok -> penyebab hormonal, pembesaran di posisi tengah. Tidak menular

      Radang amandel -> pembesaran di di pangkal lidah bagian atas. Fungsi amandel adalah sebagai alarm bahwa ada zat asing yang masuk dalam tubuh.

  • Dear Admin,

    Saya penderita amandel sejak kecil dan sekarang umur saya 28 tahun., dan walaupun tidak radang tapi saya merasa amandel saya mengganggu seperti untuk nafas dan tidur ngorok. Saya mau tanya apakah amandel bisa membantu saya mengatasi hal ini ? berapa kali yang harus saya minum jika bisa ?. Saya juga penderita Hipertensi, apakah ini aman ?. Terima Kasih

  • Saya punya anak putri yg berumur 6 thn dn sering terkena demam,batuk,pilek,sakit tenggorokan dn bahkan sampai tenggorokannya agak bengkak dan merah bahkan susah menelan sehingga saya bawa kedokter,dokter bilang krn amandelnya kumat mk nya anak saya batuk tp penyakit ini sering terulang,saya jd cemas krn obat yg diberi dokter kerap x obat demam,antibiotik.saya punya rencana utk operasi anak saya jk sdh berumur 9 thn krn saya gk tahan lihat anak saya jk sakitnya terus menerus

  • Saya (31 th) dan anak saya (4 th) sering mengalami radang amandel. Amandel saya sudah 13 hari ini ada noda putihnya seperti nasi walaupun tidak sakit jika menelan. Anak sya dalam 2 bulan pasti mengalami demam, batuk dan pilek dan menurut dokter amandelnya sudah tidak bulat lagi. Apa yang harus saya lakukan? Perlukah amandel saya dioperasi mengingat usia dan terdapat noda putih? Bagaimana menangani amandel anak saya?

    • Keputusan untuk operasi atau tidak operasi pada dasarnya adalah eskalasi dari radang tersebut. Secara umum untuk radang dalam stadium 4 (menutup 50%) rongga memerlukan diangkat jika terjadi radang 7 kali dalam setahun. Untuk anak dibawah 10th, sebaiknya dapat dipertahankan, karena amandel merupakan salah satu fungsi pertahanan. Silahkan coba dahulu dengan lamandel, lanjutkan berkonsultasi dengan dokter terkait. Semoga sehat selalu

  • Apakah benar bahwa vetsin dapat menyebabkan amandel? bagaimana mekanisme nya sampai bisa menyebabkan amandel tersebut?
    Pertanyaan selanjutnya adalah salah satu gejala akibat amandel adalah demam rematik, yaitu badan terasa linu dan pegal-pegal, tolong jelaskan juga mekanismenya sehingga sampai terjadi demam rematik tersebut? Terima Kasih. . .

    • Penyebab radang amandel adalah bakteri atau kuman.
      Vetsin atau MSG tidak secara langsung menyebabkan amandel, bahkan sebenarnya dapat lebih berbahaya dari radang amandel. Kenapa vetsin berbahaya? Karena kandungan dari msg merupakan zat kimia asing yang tidak mudah dicerna oleh tubuh, sehingga mengganggu sistem pencernaan.
      Pada beberapa orang / anak yang sensitif amandel dapat meradang begitu mengkonsumsi msg karena amandel adalah filter awal pendeteksi zat asing sebelum masuk. Menurunnya daya tahan tubuh ini akan cepat sekali di respon dengan munculnya bengkak, warna kemerahan, demam, maupun rasa sakit di tenggorokan.

      Demam pada amandel adalah symtom atau gejala atau tanda. Penyebabnya bisa virus, bakteri atau kuman.
      Jika mengarah ke pegal, linu atau rematik adalah penjalaran dari rasa sakit tersebut, dan respon alamiah dari tubuh yang menginformasikan ada suatu zat asing dalam tubuh yang mengakibatkan mekanisme dalam tubuh abnormal.
      Sebagai contoh lain adalah jika kita sakit gigi, maka seluruh badan akan sakit dan terasa tidak nyaman.

      semoga membantu

  • Bagaimana cara membedakan radang amandel yang hanya disebabkan oleh bakteri atau virus yang umum dengan radang amandel yang disebabkan oleh virus Flu Babi?
    Terima kasih.

    • Ada berbagai macam virus dan bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya radang amandel, termasuk virus yang menyebabkan mononucleosis (virus Epstein-Barr) dan bakteri yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan (Streptococcus pyogenes). Bisa dilihat di link ini

      Babi gejala flu pada manusia yang mirip dengan yang lainnya dengan infeksi flu pada umumnya yaitu :
      Demam, Batuk, Sakit tenggorokan, Badan pegal, Kepala Sakit, Kelelahan, Diare, dan Muntah

      Gejala flu babi akan berkembang tiga sampai lima hari setelah terkena virus dan terus selama sekitar delapan bulan.

      Berkunjung ke dokter
      Temui dokter segera jika menemukan gejala flu babi seperti demam, batuk dan nyeri tubuh, dan baru bepergian ke suatu daerah di mana H1N1 flu babi telah dilaporkan. Jangan lupa untuk memberitahu dokter Anda tahu kapan dan di mana Anda bepergian.

      Dokter akan mengembangkan apakah anda telah di dekat dengan seseorang yang mungkin sudah terkena flu babi, H1N1.

      Labolatorim memiliki tes cepat untuk mengidentifikasi virus flu, tetapi belum ada tes cepat untuk membedakan babi influenza A H1N1 dari influenza sub tipe A.

      info H1N1 : disini

  • kenapa anak selalu sakit tegorokan?

    • Salam kenal Ibu Desi,

      Sakit tenggorokan pada anak kebanyakan dikarenakan adanya peradangan.
      Bisa berat – bisa ringan. Penyebab dasarnya adalah adanya “zat asing” yang masuk ke dalam
      anggota tubuh. Dari mana? bisa faktor alam, seperti debu dan polusi. Ataupun dari makanan
      minuman, khususnya yang menggunakan bahan-bahan kimia untuk perasa, pengawet, dan pewarna.

      Jika anak dalam kondisi sehat, maka tubuh anak akan dapat merespon segera untuk mengatasi
      kuman yang masuk ke dalam tubuhnya.