Penyakit amandel banyak sekali diderita oleh anak-anak dan membuat orang tua juga menjadi gelisah. Maka dari itu banyak dokter dengan mudah menyuruh kita untuk melakukan pengangkatan amandel, sebenarnya itu tidak perlu di lakukan karena jika itu terjadi karena adanya bakteri si anak hanya perlu di obati.
Dalam bahasa yang lain amandel juga bisa disebut dengan tonsil. Tonsil atau amandel ini adalah sebagai penangkal kuman atau virus yang masuk kedalam tubuh kita. Ketika anak-anak kita rentan sekali terhadap penyakit ini karena dimasa anak-anak ini sistem kekebalan tubuhnya masih kurang. Amandel ini berada disisi kanan dan kiri rongga tenggorokan. Organ ini berada di urutan paling depan. Fungsinya sebagai penangkal kuman yang masuk kedalam tubuh kita melalui mulut.
Selain itu masih ada lagi organ yang kegunaanya hampir sama dengan amandel yaitu adenoid berada di langit- langit rongga tenggorokan yang dekat dengan saluran hidung.
Dalam kedaan baik sebenarnya di rongga mulut dan tenggorokan juga memang sudah ada kuman, namun kuman-kuman tersebut tidak akan membuat anak kita sakit karena pertahanan tubuh anak kita dalam keadaaan baik. Akan tetapi bila kekebalan dan anak kita menurun anak kita akan mudah terserang infeksi, berbeda dengan orang dewasa yang mempunyai sistem imun yang kuat akan jarang terserang infeksi.
Saat terjangkit infeksi, amandel kita akan mengalami iritasi atau peradangan.Bila anak kita membuka mulutnya akan terlihat amandelnya merah dan bengkak. Radang ini di tandai oleh suhu tubuh yang tinggi dan rasa sakit di tenggorokan pada saat menelan makanan.
Menurut pakar kesehatan Mayo Clinic, radang amandel paling sering diakibatkan oleh virus. Yang kedua, bakteri. Dari akibatnya bakteri itu paling sering. Bakteri Streptococcus beta-haemolyticus grup A. Bila diakibatkan oleh virus, si penderita hanya membutuhkan obat pereda rasa sakit, penurun panas, dan perawatan rumah. Karena infeksi ini akan sembuh dengn sendinya ketika sistem imun kita juga sudah mulai pulih.
Namun bila infeksi diakibatkan oleh bakteri si penderita juga membutuhkn antibiotik. Radang amandel tidak harus selalu dioperasi jika dipatuhi dengan baik. Banyak dokter mengambil jalan operasi dalam menghadapi masalah radang amandel ini. Pada dasarnya setelah kita memeriksakan kerumah sakit dokter akan mrenyarankan operasi amandel ketika melihat amandel kita terlihat membesar. Padahal, kondisi amandel yang membesar tidak bisa begitu saja dijadikan dasar melakukan operasi.
Ketika kita terserang infeksi, wajar kalau amandel membengkak cukup besar karena memang sedang terjadi peradangan. Bila sehabis infeksinya telah diobati ternyata amandelnya mengempes dan pasien kembali sehat, berarti memang amandelnya tidak perlu diangkat. Istilah dokternya, "Belum ada indikasi untuk operasi."

Operasi amandel adalah jalan terakhir.

Penanangan ini diambil ketika amandel sudah menjadi sumber penyakit bagi si penderita bukan lagi sebagai penangkal dari kuman-kuman penyakit.
Amandel dikatakan telah menjadi sumber penyakit bila menjadi serang kuman yang menyebabkan kita akan sering terserang amandel.jika telah menjadi sarang kuman yang menyebabkan infeksi berulang. Ini mirip dengan kondisi perang ketika benteng pertahanan telah dikuasai lawan dan menjadi markas mereka. Maka, pada saat itu, tak ada pilihan lain, benteng harus diserang.
Dalam kondisi baik, amandel berfungsi menjadi penangkal infeksi. Tapi jika terlalu sering kena infeksi, ia bisa menjadi sarang kuman yang menyebabkan infeksi berulang. Ini bisa dilihat dari seberapa sering si penderita terserang infeksi. Bila selama setahun dia mengalami 5 atau 6 kali ineksi maka amandel tersebut sudah menjadi sumber penyakit.
Terlalu sering si anak terkena infeksi setiap bulan atau beberapa bulan sekali berarti bukan lagi disebabkan oleh bakteri maka si anak ini memang harus melakukan operasi agar infeksi ini tidak berpengaruh terhadap organ yang lainnya, seperti jantung dan ginjal.
Penangan operasi ini diambil bila amandel sudah membengkak terlalu besar serta bisa mengganggu saluran nafas. Terutama bila adenoid membesar juga maka jalan satu-satunya adalah opersi agar si anak tidak mengalami sesak nafas atau henti nafas saat tidur.
Operasi disarankan jika si penderita juga mengalami infeksi telinga, infeksi hidung yang kronis, radang tenggorokan yang kronis, dan nafas yang bau.
Operasi sangat dianjurkan jika amandel itu sudah kritis dan perlu penanganan lebih awal. Akan tetapi para dokter juga harus realities bila opersi itu juga tidak harus dilakukan. Dokter menekankan perlunya dokter menentukan indikasi operasi ini dengan cermat. Memang kita ketahui bahwa yang lebih tahu itu dokter tapi kita juga sebagai pasien mempunyai plihan dari pendapat dokter lain.
Walaupun sudah sembuh dan amandel masih kelihatan besar itu bukan alasan untuk melakukan operasi. Ketika kita dewasa juga rongga mulut dan tenggorokan kita akan membesar dan amandel akan tampak kecil. Setelah usia kita 12 tahun kegunaan amandel akan di gantikan dengan sistem imun, walaupun amandel juga banyak menyerang orang dewasa.
Jika dokter sudah menyarankan untuk operasi dokter juga sebernarnya sudah mempunyai alasan yang kuat, tetapi jika dokter terlalu tergesah –gesah mengambil kaputusan untuk melakukan operasi si penderita akan kehilangan organ yang sangat penting.
Maka banyak orang tua yang tidak mengambil tindakan tersebut dan beralih melakukan pengobatan lain agar anaknya sembuh. Dan menyangka bahwa dokter hanya mengambil keuntungan dari masalah si penderita tersebut, padahal hal itu memang harus di lakukan agar tidak berdambak buruk untuk yang lainnya. terutama akan menimbulkan komplikasi terhadap jantung dan ginjal. Jadi amandel bisa dipertahankan bila belum ada alasan yang kuat untuk melakukan pengangkatan amandel. Dokter juga menyarankan agar para orang tua tidak meremehkan radang tenggorokan pada anak terlebih lagi pemilihan antibiotik yang tidak tepat.
Maka dari itu para orang tua disarankan untuk mengambil pengobatan lain. memberikan alternative obat lain juga bisa membantu misalnya saja pemberian antibiotik dan penggunaan obat herbal. Tapi untuk penggunaan antibiotik para orang tua harus mengkonsultasikan lagi ke dokter.
Tanda-tanda apa saja yang harus dilakukakan sebagai orang tua pada saat akan membawa anak kita ke dokter.kalau tenggorokan meradang disertai suhu tubh yang tinggi dan rasa sakit pada saat menelan saat inilah radang amandel sudah mulai terkena infeksi
Menurut panduan Mayo Clinic, tindakan operasi perlu diambil jika si anak mengalami infeksi tenggorok parah:
- Setidaknya 7 kali dalam setahun
- Atau, setidaknya 5 kali setahun, dalam rentang 2 tahun
- Atau, setidaknya 3 kali setahun, dalam rentang 3 tahun
Jika si penderita ditangani lebih awal maka dharapkan radang amandel tidak akan terlalu parah. Dan pengangkatan amandel juga tidak perlu dilakukan.

Mencegah sakit amandel berulang

Setelah si penderita sembuh dari amandelnya si penderita juga harus menjaga dirinya agar tidak teserang penyakit amandel lagi, yaitu dengan cara menjaga pola makannya, menjaga kebersihan makannya, istirahat yang cukup serta olah raga, dan menghindari orang yang terkena infeksi.
Sebagai orang tua juga harus memperhatikan anaknya agar menghindari makanan atau minuman yang bisa menyebabkan penyakit amandel kambuh lagi, terutama anak-anak kita yang memiliki tenggorokan yang sensitif.
Makanan dana minuman yang harus di hindarai ialah makanan yang pedas, mengandung bahan pewarna dan pemanis buatan, permen,coklat, ciki, dan minuman minuman dingin lainnya.
Lebih baik kita menghindari dari pada kita harus mengobati.
Dimana saya mendapatkan lamandel ?
Lamandel dapat diperoleh di
a. outlet herba bagoes
b. Jaringan apotik K24
c. Beberapa apotik terkemuka
d. Pembelian online di http://obatamandel.com/
Apakah ada pertanyaan lain ?

Hubungi / SMS hotline : 0812 3536 872

Layanan Pelanggan
belanja amanBelanja Aman
Cara belanja di obatamandel.com sangat mudah. Anda cukup isi form pembelian dengan mengisi nama, email, no telp, dan pesaman anda. Selain itu anda juga bebas order via Chat, SMS, BBM, Whatsapp, maupun telpon customer service kami.
Kami juga memiliki layanan “Hubungi Saya” Silahkan tinggalkan no hp anda, customer service kami akan dengan senang hati menghubungi anda!
pengiriman amanPembayaran dan pengiriman
Pembayaran kami menyediakan berbagai jenis rekening bank yang memudahkan anda untuk melakukan transaksi.
Bisa transfer ke rekening :
BCA : 4401104997 an annas ahmad
Mandiri : 006 000 6732576 an annas ahmad
BRI : 04190 100 465 2505 an annas ahmad
Pengiriman kami dilakukan dengan menggunakan kurir terpercaya seperti Tiki, JNE, POS, Dakota, Maupun jayon express untuk layanan COD
garansiGaransi / Retur
Kami menjamin semua barang yang sudah anda bayar akan sampai kurang dari 10 hari. Jika barang diterima lebih dari 10 hari, Kami akam mengembalikan 100% uang anda. Tentu barang yang sudah anda terima tetap menjadi hak anda.

Pelayanan Pelanggan

- Belanja Aman
- Pembayaran dan pengiriman
- Garansi / Retur
- Tanya Jawab
- Aturan pakai

Gabung Di Komunitas

Facebook
Instagram

Pembayaran

Bca

Pengiriman

Tiki
JNT

Herba Bagoes

Jl. H Sidin 2 Jakarta
Telepon / SMS / WA 0819 08252178
email : info@herbabagoes.com