Tanya Jawab Lamandel

Penyakit amandel banyak sekali diderita oleh anak-anak dan membuat orang tua juga menjadi gelisah. Maka dari itu banyak dokter dengan mudah menyuruh kita untuk melakukan pengangkatan amandel, sebenarnya itu tidak perlu di lakukan karena jika itu terjadi karena adanya bakteri si anak hanya perlu di obati.

Dalam bahasa yang lain amandel juga bisa disebut dengan tonsil. Tonsil atau amandel ini adalah sebagai penangkal kuman atau virus yang masuk kedalam tubuh kita. Ketika anak-anak kita rentan sekali terhadap penyakit ini karena dimasa anak-anak ini sistem kekebalan tubuhnya masih kurang. Amandel ini berada disisi kanan dan kiri rongga tenggorokan. Organ ini berada di urutan paling depan. Fungsinya sebagai penangkal kuman yang masuk kedalam tubuh kita melalui mulut.

Selain itu masih ada lagi organ yang kegunaanya hampir sama dengan amandel yaitu adenoid berada di langit- langit rongga tenggorokan yang dekat dengan saluran hidung.

Dalam kedaan baik sebenarnya di rongga mulut dan tenggorokan juga memang sudah ada kuman, namun kuman-kuman tersebut tidak akan membuat anak kita sakit karena pertahanan tubuh anak kita dalam keadaaan baik. Akan tetapi bila kekebalan dan anak kita menurun anak kita akan mudah terserang infeksi, berbeda dengan orang dewasa yang mempunyai sistem imun yang kuat akan jarang terserang infeksi.

Saat terjangkit infeksi, amandel kita akan mengalami iritasi atau peradangan.Bila anak kita membuka mulutnya akan terlihat amandelnya merah dan bengkak. Radang ini di tandai oleh suhu tubuh yang tinggi dan rasa sakit di tenggorokan pada saat menelan makanan.

Menurut pakar kesehatan Mayo Clinic, radang amandel paling sering diakibatkan oleh virus. Yang kedua, bakteri. Dari akibatnya bakteri itu paling sering. Bakteri Streptococcus beta-haemolyticus grup A. Bila diakibatkan oleh virus, si penderita hanya membutuhkan obat pereda rasa sakit, penurun panas, dan perawatan rumah. Karena infeksi ini akan sembuh dengn sendinya ketika sistem imun kita juga sudah mulai pulih.

Namun bila infeksi diakibatkan oleh bakteri si penderita juga membutuhkn antibiotik. Radang amandel tidak harus selalu dioperasi jika dipatuhi dengan baik. Banyak dokter mengambil jalan operasi dalam menghadapi masalah radang amandel ini. Pada dasarnya setelah kita memeriksakan kerumah sakit dokter akan mrenyarankan operasi amandel ketika melihat amandel kita terlihat membesar. Padahal, kondisi amandel yang membesar tidak bisa begitu saja dijadikan dasar melakukan operasi.

Ketika kita terserang infeksi, wajar kalau amandel membengkak cukup besar karena memang sedang terjadi peradangan. Bila sehabis infeksinya telah diobati ternyata amandelnya mengempes dan pasien kembali sehat, berarti memang amandelnya tidak perlu diangkat. Istilah dokternya, “Belum ada indikasi untuk operasi.”

Operasi amandel adalah jalan terakhir.

Penanangan ini diambil ketika amandel sudah menjadi sumber penyakit bagi si penderita bukan lagi sebagai penangkal dari kuman-kuman penyakit.

Amandel dikatakan telah menjadi sumber penyakit bila menjadi serang kuman yang menyebabkan kita akan sering terserang amandel.jika telah menjadi sarang kuman yang menyebabkan infeksi berulang. Ini mirip dengan kondisi perang ketika benteng pertahanan telah dikuasai lawan dan menjadi markas mereka. Maka, pada saat itu, tak ada pilihan lain, benteng harus diserang.

Dalam kondisi baik, amandel berfungsi menjadi penangkal infeksi. Tapi jika terlalu sering kena infeksi, ia bisa menjadi sarang kuman yang menyebabkan infeksi berulang. Ini bisa dilihat dari seberapa sering si penderita terserang infeksi. Bila selama setahun dia mengalami 5 atau 6 kali ineksi maka amandel tersebut sudah menjadi sumber penyakit.

Terlalu sering si anak terkena infeksi setiap bulan atau beberapa bulan sekali berarti bukan lagi disebabkan oleh bakteri maka si anak ini memang harus melakukan operasi agar infeksi ini tidak berpengaruh terhadap organ yang lainnya, seperti jantung dan ginjal.

Penangan operasi ini diambil bila amandel sudah membengkak terlalu besar serta bisa mengganggu saluran nafas. Terutama bila adenoid membesar juga maka jalan satu-satunya adalah opersi agar si anak tidak mengalami sesak nafas atau henti nafas saat tidur.

Operasi disarankan jika si penderita juga mengalami infeksi telinga, infeksi hidung yang kronis, radang tenggorokan yang kronis, dan nafas yang bau.

Operasi sangat dianjurkan jika amandel itu sudah kritis dan perlu penanganan lebih awal. Akan tetapi para dokter juga harus realities bila opersi itu juga tidak harus dilakukan. Dokter menekankan perlunya dokter menentukan indikasi operasi ini dengan cermat. Memang kita ketahui bahwa yang lebih tahu itu dokter tapi kita juga sebagai pasien mempunyai plihan dari pendapat dokter lain.

Walaupun sudah sembuh dan amandel masih kelihatan besar itu bukan alasan untuk melakukan operasi. Ketika kita dewasa juga rongga mulut dan tenggorokan kita akan membesar dan amandel akan tampak kecil. Setelah usia kita 12 tahun kegunaan amandel akan di gantikan dengan sistem imun, walaupun amandel juga banyak menyerang orang dewasa.

Jika dokter sudah menyarankan untuk operasi dokter juga sebernarnya sudah mempunyai alasan yang kuat, tetapi jika dokter terlalu tergesah –gesah mengambil kaputusan untuk melakukan operasi si penderita akan kehilangan organ yang sangat penting.

Maka banyak orang tua yang tidak mengambil tindakan tersebut dan beralih melakukan pengobatan lain agar anaknya sembuh. Dan menyangka bahwa dokter hanya mengambil keuntungan dari masalah si penderita tersebut, padahal hal itu memang harus di lakukan agar tidak berdambak buruk untuk yang lainnya. terutama akan menimbulkan komplikasi terhadap jantung dan ginjal. Jadi amandel bisa dipertahankan bila belum ada alasan yang kuat untuk melakukan pengangkatan amandel. Dokter juga menyarankan agar para orang tua tidak meremehkan radang tenggorokan pada anak terlebih lagi pemilihan antibiotik yang tidak tepat.

Maka dari itu para orang tua disarankan untuk mengambil pengobatan lain. memberikan alternative obat lain juga bisa membantu misalnya saja pemberian antibiotik dan penggunaan obat herbal. Tapi untuk penggunaan antibiotik para orang tua harus mengkonsultasikan lagi ke dokter.

Tanda-tanda apa saja yang harus dilakukakan sebagai orang tua pada saat akan membawa anak kita ke dokter.kalau tenggorokan meradang disertai suhu tubh yang tinggi dan rasa sakit pada saat menelan saat inilah radang amandel sudah mulai terkena infeksi

Menurut panduan Mayo Clinic, tindakan operasi perlu diambil jika si anak mengalami infeksi tenggorok parah:
- Setidaknya 7 kali dalam setahun
- Atau, setidaknya 5 kali setahun, dalam rentang 2 tahun
- Atau, setidaknya 3 kali setahun, dalam rentang 3 tahun

Jika si penderita ditangani lebih awal maka dharapkan radang amandel tidak akan terlalu parah. Dan pengangkatan amandel juga tidak perlu dilakukan.

Mencegah sakit amandel berulang

Setelah si penderita sembuh dari amandelnya si penderita juga harus menjaga dirinya agar tidak teserang penyakit amandel lagi, yaitu dengan cara menjaga pola makannya, menjaga kebersihan makannya, istirahat yang cukup serta olah raga, dan menghindari orang yang terkena infeksi.

Sebagai orang tua juga harus memperhatikan anaknya agar menghindari makanan atau minuman yang bisa menyebabkan penyakit amandel kambuh lagi, terutama anak-anak kita yang memiliki tenggorokan yang sensitif.

Makanan dana minuman yang harus di hindarai ialah makanan yang pedas, mengandung bahan pewarna dan pemanis buatan, permen,coklat, ciki, dan minuman minuman dingin lainnya.

Lebih baik kita menghindari dari pada kita harus mengobati.

Dimana saya mendapatkan lamandel ?
Lamandel dapat diperoleh di
a. outlet herba bagoes
b. Jaringan apotik K24
c. Beberapa apotik terkemuka
d. Pembelian online di http://obatamandel.com/

Apakah ada pertanyaan lain ?

Hubungi / SMS hotline : 0812 3536 872

Yang dicari pengunjung:

About Author: obatamandel
Berbagi Informasi Tentang Penyebab Amandel, Gejala Amandel, Penyakit Amandel, Operasi Amandel, Obat Amandel Untuk Anak dan Dewasa

38 comment(s) on “Tanya Jawab Lamandel

  • harganya berapa?

  • apakah mual-mual atau sakit perut termasuk efek samping dari pada lamandel?

  • apakah amandel yg sudah besar bisa mengecil dan holang total bila meminum LAMANDEL dan aturan minumnya seperti apa?? minta solusinya?

  • Dok, anak saya sdh di vonis dokter harus operasi amandelnya, usia 5 tahun, kata dokter sudah Stadium 3, sering terjadi radang amandel hampir 2-3 minggu sekali. memang saya akui, anak saya tergolong mudah sekali sakit sejak bayi. saya masih ragu untuk menjalankan operasi tersebut karena kasihan. apakah dengan mengkomsumsi LAMANDEL, dapat mengurangi pembesaran amandel yang sudah Stadium 3 dan tanpa harus menjalani Operasi? Terima kasih atas advice nya.
    - Adi Batara-

  • Saya mau tanya kalo konsumsi lamandel sampai brp lama ya?..apa sampai amandelnya sembuh?terus kalo udah sembuh dan mengecil apa kita bisa melanjutkan kembali konsumsinya?terima kasih

  • Anak sy usia 7thn, dia amandel sdh ∂åя̲̅i usia 3thn.tp beberapa bln trakhir ini amandelnya besar,ŷαης sebelah kanan sdh menutupi hingga dia susah menelan. Sy sudah berikan lamandel ko. Skrg ŷαης ingin sy tanyakan apa amandelnya ŷαης mengempeskan amandelnya ŷαης radang besar itu ? Θäπ apa blh 3saschet itu sy jadiakan 1 dibotol minumnya ? Karna kalo sy bikin/gelas dia suka males minum, ϑäπ Apa blh lbh ∂åя̲̅i 3scht dlm sehari ? Sebelumnya terima kasih

    • lamandel akan mengempiskan amandel secara bertahap dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang radang kembali, 1 x minum cukup 1 sachet dilarutkan 150ml air saja.
      minum 3x pagi, siang, sore.

      semoga bisa cepat sembuh ya…

  • Selamat siang,

    Saya mempunyai putra laki-laki umur 1tahun 7bulan, sudah beberapa kali saya bawa ke dokter dan diagnosa dokter amandelnya bengkak,hal ini dikarenakan putra saya kalau makan susah sekali trus senengnya makan bakso.yang saya tanyakan apakah LAMANDEL ini bisa dikonsumsi oleh putra saya, dan berapa dosis yang harus diberikan. terima kasih

  • Jika Di bandung sy bisa mendapatkannya dimana ya?

  • anak sy usiany 8th…. Bln kmrn demam sy bw ke dokter spa ktny amandel trs dirujuk ke sp THT dianjurin operasi klo anak dah siap…krn klo tdk akan sering kambuh.. Anaknya blm siap n g mau operasi ktnya takut….. Apa bs dgn mengkonsumsi lamandel, amandel anak saya bs sembuh ……???? Saat ini anak sy sdg tdk demam,, dicilegon banten lamandel bs dibeli dimana n harganya brp ? Tq

    • lamandel mengatasi radang amandel. jika tidak demam cukup sehari 1x saja.
      cilegon bisa hub ke 08179801173 / 085217454238
      terima kasih….

  • apakah efek samping dari lamandel?

  • berapa lama mengkonsumsi lamandel sampai penyakit amandel benar-sembuh?kalau sdh sembuh apakah tetap mengkonsumsi lamandel?kalau sdh sembuh dan konsumsi lamandel dihentikan apakah penyakit amandelnya akan kambuh lg?mhn jawabannya.terimakasih.

    • Lamandel dikonsumsi sehari 3x ketika demam.
      Untuk mencegah radang datang kembali minum sehari 1x saja.
      umumnya 1-2 minggu akan ada perbaikan, dilanjutkan sampai 2-3 bulan.
      semoga sehat selalu….

  • saya mw tny anak sya umur 2 thn.wkt itu prnh demam tinggi dan dokter memvonis kena amandel.dokter blng itu bisa dri keturunan.apakah benar? Smpi saat ini anak saya blm dpt berbicara,tetapi dia sdh mengrti apa yg dia mw,apakah amandel menyebabkan ank saya blm bisa berbicara?trma kasih ats jwbannya.

  • Saya mau tanya, Apakah lamandel khusus untuk yang sakit amandel saja, keponakan saya 3th, aktifitasnya banyak, tapi kalau disuruh makan sangat susah sekali,Sudah dicoba diberikan macam-macam vitamin, tapi gak ada hasilnya, apakah boleh dikasih lamandel,sedangkan dia tidak sakit amandel, terima kasih atas jawabannya.

    • Lamandel bermanfaat juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengembalikan nafsu makan.
      Bisa diminumkan sehari cukup 1 kali saja….

  • Saya mau tanya mas,saya punya amandel sejak kecil.Kurang lebih sudah 8th saya punya penyakit amandel tp sampai sekarang blm sembuh.Apakah amandel saya bisa mengecil ketika mengkonsumsi lamandel?dan kalo dikonsumsi lama apakah ada efeknya?Trima kasih.

  • anak sy 5thn sedang radang kurang lebih sudah 3 hari, tanpa demam, kisaran suhu tubuh 36.5 – 37.5, aktivitas normal saja, hanya di malam hari mungkin krn faktor cuaca malam, kadang terbangun 2 kali krn merasa kurang nyaman. kl ditanya apakah susah menelan ato sakit saat menelan, tidak jawabnya, nafsu makan normal, tapi pas saya senter amandelnya lumayan ada pembesaran, ini dipicu awalnya krn makanan2 snack, krim, kue saat pesta ultah. pertanyaannya: apakah Lamandel diciptakan untuk gejala spt diatas, kl ya apa tersedia di sembarang apotik atau hanya di jaringan yg disediakan tersebut diatas, bila online apa bisa instant di hari pesan yang sama diantar.trims

    • ya lamandel bisa untuk anak dan dewasa. untuk jakarta bisa kami kirim bayar di tempat, atau tersedia di apotik jaringan k24 dan roxy.
      semoga bisa membantu dan sehat selalu…

  • Salam sehat,
    Saya punya gejala amandel sejak umur 9th, sekarang umur saya sudah 20th. Saya takut melakukan operasi, sehingga saya biarkn smpai skarang tanpa melakukan pengobatn apapun. apakah Amandel itu berbahaya bagi tubuh saya d masa yg akan datang?
    Apakah dg mengkonsumsi lamandel keluhan amandel saya bisa tratasi??
    Sbelumnya saya minta maaf, apa Lamandel tidak menyebabkn gangguan pd fungsi organ lain ??
    Terima kasih banyak atas perhatian&jawabannya..

    • Terima kasih atas tanggapannya,
      Semoga Bu Ecih dan keluarga sehat selalu. Pada dasarnya amandel merupakan organ yang berfungsi sebagai filter pertahanan tubuh. Organ ini sangat penting untuk anak khususnya yang umurnya masih kurang dari 10 tahun.
      Untuk dewasa fungsi amandel berkurang seiring sempurnanya organ pertahanan lain. Ibu bisa menggunakan Lamandel untuk mencegah peradangan.
      Lamandel aman karena 100% herbal dan larut dalam air. Semoga dapat membantu ibu dan keluarga.
      Salam sehat dan sukses selalu…

  • anak sy kembar, sejak agt’08 batuk tdk berhenti, sempat dibilang TBC n konsumsi obat TBC 5 bln, tp setelah dilakukan tes darah, mantox,rongent hasil TBC NEGATIF maka obat diberhentikan, bbrp kali pernah sembuh yg ternyata oleh dokter diberikan antibiotik dosis tinggi (skrg sy berusaha tdk memberikan antibiotik)baru belakangan ini diketahui mrk ada amandel n flek diparu2 (menurut dokter banyak reak diparu2), skrg anak sy minum obat dokter n tiap hari menjalani penguapan (inhalasi) sendiri dirumah, 1 mgg yg lalu sptnya anak sy sembuh dr batuknya krn itu ketika ada acara disalah satu resto ayam goreng yg ternama sy berikan mrk makan ayam tsb alhasil sepulangnya dr sana langsung batuk parah hingga skrg keduanya demam, bibir merah n susah makan, menurut dokter dikarenakan minyak ayam goreng krn amandel itu banyak pantangannya. yg ingin sy tanyakan dimana kondisi anak sy saat ini batuk parah, demam n bibir merah dgn diagnosa penyakit yaitu amandel n infeksi paru2 (reak diparu2) apakah LAMANDEL mampu menyembuhkan anak sy? apakah isi/komposisi dr LAMANDEL murni alami (tdk ada bahan kimia)? saat ini anak sy konsumsi vit n imun, apakah hanya dgn mengkonsumsi LAMANDEL sudah terpenuhi segala kebutuhan vit n daya tahan tubuhnya ( vit n imun yg saat ini dikonsumsi diberhentikan), apakah LAMANDEL aman dikonsumsi setiap hari pengganti vit n imun? mohon dg sangat LAMANDEL dpt menberikan penjelasan yg sejelas2nya pd saya krn sy berharap LAMANDEL solusi TERAKHIR dr penyakit anak sy yg telah diderita dr AGT’08 dimana selama kurun waktu itu (hingga saat ini) anak sy telah banyak konsumsi obat2 dokter (obat2 kimia).mohon maaf jika ada kata2 sy yg salah/menyinggung perasaan LAMANDEL krn saat ini yg sy perlukan kejelasan yg sejelas2nya dimana sbg seorg ibu saat ini sy bisa dibilang putus asa n tdk tau harus kemana n bagaimana lagi. sebelumnya terima kasih LAMANDEL yg telah bersedia membaca keluhan saya.

    • Semoga Ibu Christin dan keluarga sehat selalu.

      Terima kasih telah memberikan respon kepada kami.
      Memang sebagai orang tua kita dituntut untuk lebih paham terhadap kesehatan, khususnya kesehatan putra-putri kita.
      Pribadi saya memahami hal tersebut karena anak saya juga pernah divonis TBC, tetapi setelah cross check sana-sini akhirnya saya segera hentikan karena judgement-nya terlalu dini dan berlebihan. Saya merekomendasikan untuk membaca informasi di Mayo Clinic, dan konsultasi dengan beberapa dokter ahli untuk memberikan informasi tambahan.

      Lamandel hadir sebagai alternatif kesehatan khususnya masalah yang terkait dengan ispa, amandel, dan tenggorokan.
      Lamandel terbuat dari 100% bahan alami. Temulawak, pegagan, dan daun pecut kuda. Prinsip pengobatan herbal adalah mengobati secara alami didukung dengan peningkatan daya tahan tubuh, karena pada dasarnya Tuhan telah menciptakan manusia dengan sempurna. Termasuk kemampuan untuk melawan penyakit.

      Ada baiknya ibu bisa mencoba Lamandel, sebagai tambahan suplemen. Saat ini dari banyak yang telah mengkonsumsi lamandel telah merasakan manfaatnya. Lamandel dapat dikonsumsi untuk anak 2 tahun ke atas hingga dewasa.

      Jika ibu ada pertanyaan, memerlukan informasi tambahan silahkan hubungi kami via email info@obatamandel.com atau telp dan sms ke 08123536872.

  • dok,anak laki2saya umur 5 th sering radang
    apakah bs sembuh dengan minum teratur,oya dok kebetulan anaku ga bs minum obat,bisa ga ya serbuk dimasukkan kedlm kapsul?anaku lbh gampang minum kapsul?
    mohon jwbnya.
    terima kasih.

    • Lamandel bentuknya serbuk instan. Tinggal seduh dengan air dan minum saja bu. Rasanya juga manis. Untuk meminumkannya baiknya bilang teh manis saja. Kalau obat anaknya nanti takut duluan. Semoga membantu

  • Pak, anak saya umur 3 tahun, sedang radang tenggorokan. Boleh g kl serbuk instannya dicampur dengan susu? Kl yang botol boleh g buat anak? sepertinya lebih mudah memberi dia obat berbentuk liquid dibanding serbuk.

    • Lamandel bentuk instan bu, jadi diseduh dengan air dulu. Baru diminum. Kalau mau dicampur dengan susu juga boleh kok….

  • anak saya umur 2 thn 6 bln,dia ada penyakit amandelnya cukup parah,sering2 dia kambuh.kl sy mau ksh obt lamandel ini kasihnya yang cair / bubuk? dan berapa harganya? mksh

    • Lamandel bisa untuk anak umur 2 tahun keatas.
      Bentuknya serbuk instan, di seduh dengan air hangat dan diminum.
      Harga per botol 25.000

  • Mau tanya nih, anak saya umur 6,5 tahun, amandelnya lebih besar dari ukuran normal walaupun dia sedang sehat, sehingga kalau tidur bunyi nafasnya keras, dan sehari-hari seperti orang yang mampet hidung karena pilek (bindeng) hal ini sudah terjadi sejak 4 tahun yang lalu. Apakah ini termasuk sakit amandel juga? Bisakah amandelnya kecil kembali apabila mengkonsumsi lamandel? Bisakah lamandel dikonsumsi walaupun tidak sedang radang? Berapa takaran untuk anak2, apakah 1 sachet juga?
    Saya tunggu jawabannya ya, terima kasih.