Tips Menjaga Amandel Tetap Sehat

amandel dengan herbal alami

Banyak anak dan orang dewasa yang terpaksa mengangkat amandel nya karena sudah terinfeksi kuman. Apa tips menjaga amandel tetap sehat yang bisa dilakukan di sendiri?

Dari Texas Medical Branch menginformasikan secara teknis, amandel adalah kelenjar getah bening yang terbentuk selama bulan ketiga kehamilan. Letak organ amandel antara mulut dan kerongkongan, amandel ini secara perlahan-lahan akan membesar hingga pada umur tertentu saja.

Apabila amandel sudah terkena infeksi baik bakteri atau virus maka ia akan membesar yang dikenal dengan istilah tonsilitis atau radang amandel. Infeksi ini bisa berasal dari kuman yang terhirup saat sedang bernapas. Saat radang yang terjadi pada amandel sudah sangat kronis dan darurat, maka biasanya dokter akan melakukan operasi pengangkatan.

amandel

amandel

Ada beberapa tips dan tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk menjaga amandel agar tetap sehat dan terhindar dari infeksi virus atau bakteri, yaitu:

1. Selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir untuk megurangi risiko terjadinya infeksi. Bersihkan tangan sebelum makan dan setelah selesai dari kamar mandi, sehingga mengurangi peluang kuman masuk ke tubuh.

2. Membiasakan minum menggunakan gelas pribadi dan tidak saling bertukar-tukar dengan orang lain, usahakan hindari berbagi barang-barang pribadi seperti gelas, sendok atau garpu dengan orang lain.

3. Usahakan untuk menghindari orang yang sedang terkena radang amandel untuk mengurangi risiko tubuh terkena infeksi atau tertular virus dan kuman dari luar.

4. Konsultasikan pada dokter bisa merasa sakit pada tenggorokan atau mengalami pembengkakan di bagian leher. Semakin cepat infeksi tersebut diobati, maka akan menjaga daerah tersebut dari kerusakan yang jauh lebih parah.

5. Selalu ganti sikat gigi setiap kali selesai mengalami pembengkakan atau radang amandel.

6. Konsumsi air yang cukup, hindari makanan atau minuman yang bisa merangsang iritasi seperti makanan atau minuman yang terlalu panas, dingin, asam atau pedas.

Semoga tips menjaga amandel tetap sehat diatas dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.
Hidup sehat, amandel sehat.

Yang dicari pengunjung:

Post Tags
,
About Author: obatamandel
Berbagi Informasi Tentang Penyebab Amandel, Gejala Amandel, Penyakit Amandel, Operasi Amandel, Obat Amandel Untuk Anak dan Dewasa

Comments are closed.