Apakah si kecil harus operasi amandel / tonsil ?

Operasi amandel atau tonsil selalu menjadi momok bagi orang tua yang memiliki anak antara 5-10 tahun. Seringkali karena berulangnya kasus radang amandel atau tonsilitis, dokter menyarankan untuk diambil tindakan operasi amandel. Pada dasarnya amandel atau tonsil adalah organ pertahanan tubuh dan meningkatkan sistem imun. Tetapi ketika infeksi biasa amandel / tonsil akan mengalami pembesaranyang menandakan terjadi peradangan. Dan apabila infeksinya sudah di obati hingga sembuh pasti amandel atau tonsilnya akan kembali mengecil. Jadi, amandel memang sebenarnya tidak perlu diangkat atau dioperasi.

Operasi adalah pilihan yang paling akhir. Tindakan ini hanya disarankan ketika amandel atau tonsil sudah menjadi sumber penyakit. Dan pada saat itu tidak ada pilihan lain selain dilakukan operasi.

Tanda-tanda pembengkakan tonsil dan harus di operasi:

* Dalam 1 tahun sudah terjadi infeksi 7 kali atau lebih.
* Terjadinya pembengkakan pada amandel atau tonsil sehingga mengakibatkan gigi maju kedepan,
* Pembengkakan amandel atau tonsil dapat menyebabkan sesak nafas dan gangguan tidur.
* Pembengkakan yang membesar dan dicurigai sebagai tumor.

Bagaimana proses pengangkatan atau operasi amandel bisa disimak pada video berikut ini :

Tonsil bisa dibilang masalah ketika sudah terjadi berulang kali dan sudah menjadi sarang bakteri. Pada keadaan sehat amandel atau tonsil berfungsi sebagai penyaring kuman agar tidak masuk kedalam tubuh manusia. Jika sudah terkena infeksi, amandel atau tonsil akan menjadi sarang kuman dan akan terjadi infeksi secara berulang-ulang. Hal ini bisa dilihat seberapa sering terkena infeksi, kalau setahun dapat mengalami 6-7 kali infeksi sudah parah dan amandel / tonsil sudah menjadi sarang kuman dan bakteri.

Jika anda sudah sering mengalami infeksi tenggorokan akut dalam 2 bulan sekali atau sebulan sekali itu memang telah ada indikasi untuk operasi. Bila dibiarkan pengaruh infeksi dapat meluas ke bagian tubuh lain seperti jantung dan ginjal. Apabila pembengkakan amandel atau tonsil terjadi bukana infeksi yang terjadi berulang kali maka dari itu belum ada alasan untuk diadakan operasi pada organ tonsil.

Tindakan operasi dapat diambil jika amandel atau tonsil terjadi pembesaran sampai mengalami sulit untuk bernafas(sesak nafas).

Operasi dapat disarankan jika pasien mengalami infeksi parah pada telinga bagian tengah yang terjadi berulang kali. Terjadinya infeksi pada rongga hidung yang sudah kronis maupun terjadinya radang pada tenggorokan yang sudah kronis disertai bengkak pada organ tonsil.

Yang dicari pengunjung:

Post Tags
,
About Author: obatamandel
Berbagi Informasi Tentang Penyebab Amandel, Gejala Amandel, Penyakit Amandel, Operasi Amandel, Obat Amandel Untuk Anak dan Dewasa

Comments are closed.