Cara Mengobat Sakit Amandel Di rumah

Cara Mengobat Sakit Amandel Di rumah

Cara yang bisa dilakukan oleh orang untuk mengatasi radang amandel adalah dengan melakukan operasi. Sebelum anda melakukan operasi sebaiknya anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk menyembuhkan atau meringankan amandel yang sudah meradang dengan mengkonsumsi obat yang bis dibuat dirumah.

Radang amandel atau tonsilitis adalah bentuk peradangan yang terjadi pada amandel yang biasa disebabkan oleh virus influenza atau bakteri streptrococcus. Meskipun merasa nyeri dan sangat mengganggu, radang amandel biasanya tidak akan menimbulkan komplikasi yang berbahaya jika ditangani dengan baik.

Cara mengobati radang amandel di rumah

Penanganan yang bisa dilakukan untuk radang amandel sendiri biasanya ditentukan oleh penyebabnya. Jika radang amandel ditandai dengan gejala berupa sakit tenggorokan, sulit menelan makanan, demam, dan disertai dengan amandel yang membesar dan akan berwarna kemerahan. Jika tidak timbul gejala tersebut maka radang amandel akan sembuh dengan sendirinya setelah 2-4 hari. Untuk dapat meredakan keluhan tentang gajala radang amandel maka bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

Konsumsi makanan yang lembut dan dingin

Saat sedang mengalami radang amandel, maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lembut dan dingin, seperti puding, yogurt, jus, dan smoothies. Bila perlu anda bisa memakan permen yang dapat melegakan tenggorokan.

Obat radang amandel sesuai dengan anjuran dokter

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi radang amandel adalah dengan minum obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotik – apotik terdekat seperti paracetamol. Sebelum mengkonsumsi obat pereda nyeri maka harus membaca aturan pakainya terlebih dahulu. Jika radang amandel disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya dokter umum akan meresepkan obat antibiotik. Beberapa jenis antibiotik yang akan diberikan adalah amoxicillin dan doxycyline. Dokter biasanya akan menganjurkan pasien untuk mengkonsumsi obat selama 10 hari dan harus tetap dikonsumsi walaupun kondisinya sudah membaik. Jika konsumsi obat dihentikan secara tiba-tiba atau tidak sesuai dengan anjuran dokter maka akan berdampak semakin memburuknya kondisi atau bisa membuat infeksi semakin menyebar kebagian tubuh lainnya.

Segera pergi kedokter jika radang amandel yang anda alami disertai dengan demam atau gejala terus muncul selama 2 minggu (kronis). Untuk beberapa kondisi yang ada jika sudah parah maka dokter akan melakukan tindakan operasi pengangkatan amandel atau tonsilektomi. Adapun beberapa kondisi yang dimaksud adalah :

  • Obat antibiotik tidak efektif untuk dapat meredakan radang amandel akibat infeksi bakteri
  • Muncul komplikasi seperti susah menelan, sulit bernafas dan susah tidur
  • Gejala yang muncul semakin parah

Prosedur tonsilektomi dilakukan dengan menggunakan bius total dan biasanya masa pemulihan berlangsung selama 7 sampai 14 hari. Konsultasi kepada dokter tentang manfaat dan resiko yang akan didapat terkait dengan prosedur yang akan dijalani.

Pasang humidifier

Jika kondisi udara yang ada diruangan terasa kering maka gunakanlah humidifier. Alat ini bisa membantu membuat udara mejadi lebih lembab, dan juga dapat menghilangkan virus penyebab radang amandel. Biasanya udara yang lembab akan membantu meredakan sakit tenggorokan dan rasa yang tidak nyaman di tenggorokan. Cara yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, perbanyak istirahat, tidak merokok, dan menghindari asap rokok akan membantu mengurangi keluhan akibat radang amandel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *