Cara Mengobati Penyakit Amandel Secara Alami

Cara Mengobati Penyakit Amandel Secara Alami

Apakah anda sering terkena penyakit amandel? Penyakit ini adalah biasa disebut dengan tonsil yang merupakan kumpulan jaringan limfoid yang terletak pada kerongkongan dibelakang kedua ujung lipatan pada belakang mulut. Amandel sendiri berfungsi sebagai antibodi dan dapat menjaga agar infeksi tidak menyebar keseluruh tubuh dengan cara untuk menahan kuman yang akan masuk kedalam tubuh. Bisanya kelenjar amandel ini kadang menyebar dan dapat menyebabka peradangan (tonsilitis) yang mengakibatkan pada kondisi kesehatan telinga, hidung dan tenggorokan.

Gelaja umum yang biasanya muncul adalah sakit tenggorokan yang disertai dengan batuk, susah menelan makanan atau minuman, panas pada tubuh dan bisa juga menyebabkan kurang enak badan karena nyeri yang tak tertahankan. Peradangan ini jika tidak langsung ditangani akan berujung akut dan kronis, bentuk akut yang tidak parah biasanya berlangsung selama 4 sampai 6 hari dan biasanya menyerang anak – anak pada usia 5 – 10 tahun. Dan untuk kronis sendiri biasanya berlangsung lama dan terjadi secara berulang-ulang hingga menahun.

Pentingnya menjaga kesehatan tubuh dalam hidup ini, karena jika tubuh sehat maka apapun yang diingkan dapat dilakukan selama tubuh masih kuat dan bugar. Bila sudah terkena suatu penyakit maka segeralah mengambil tindakan untuk melakukan pengobatan. Radang amandel bisa juga diobati dengan obat-obatan alami yang sering dijumpai dirumah atau sekitar rumah, Cara yang dilakukan juga cukup mudah.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang sangat ampu untuk dapat meredakan amandel. Karena buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat mengembalikan metabolisme tubuh yang terserang bakteri dan penyakit lainnya. Cara yang dilakukan cukup mudah dan untuk menemukan jeruk nipis ini juga mudah. Cara mengolahnya dengan memeras air dari jeruk nipis dan meminum airnya. Lebih baik lagi jika meminum perasan jeruk nipis yang asli tanpa campuran air . Dapat diminum secara rutin tiga kali sehari sampai amandel mereda.

  1. Bawang Merah

Bahan yang satu ini biasanya digunkan untuk bumbu dapur dan memasak sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya. Bawang merah sendiri sudah terbukti ampuh untuk mengobati amandel yang sudah mengalami pembengkakan. Kandungan yang terdapat didalm bawang merah banyak akan antioksidan dan manfaat lainnya. Caranya dengan mengupas lalu mengirisnya menjadi beberapa bagian kemudian dikonsumsi secara langsung tanpa digoreng terlebih dahulu.

  1. Buah Mengkudu

Buah yang satu ini biasa dijumpai di pasar-pasar tradisional. Terutama pegadang penjual jamu tradisional. Cara mengolahnya pun sanga mudah untuk dapat menjadi obat. Pertama bersihkan buah dari sisa kotoran yang menempel pada buah dan potong kecil – kecil kemudian masukkan kedalam belender dan diberi air secukupnya, lalu blender sampai halus dan siap disajikan.

  1. Jahe

Jahe bisa didapatkan di pasar-pasar atau biasnya juga menanamnya di pinggir ruamh dilahan kosong. Selain tuk menjadi bahan dapur jahe juga dapat digunakan menjadi obat untuk meredakan sakit akibat radang amandel. Caranya pun cukup mudah hanya dengan merebus jahe kedalam air panas kemudian masukkan kedalam gelas dan bisa dikonsumsi secara langsung.

  1. Madu dan cengkeh

Komposisi yang terdapat pada madu dan cengkeh dapat membantu merasakan nyaman pada tenggorokan dan rasa hangat yang didapatkan dari cengkeh. Caranya dengan merebus cengkeh dan airnya masukkan kedalam gelas dan beri campuran madu.

Itu merupakan beberapa cara yang dapat dijadikan alternatif saat tenggorokan sakit atau sedang radang amandel. Cara lain yang paling mudah adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih, dan menjaga pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *