Cara Menyembuhkan Penyakit Amandel Dengan Bahan Alami

Cara Menyembuhkan Penyakit Amandel Dengan Bahan Alami

Amandel merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan pembengkakan atau peradangan pada tenggorokkan. Perlu adanya tindakan agar penyakit ini tidak semakin parah. Radang amandel bisa menyerang anak-anak sampai orang dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Hal yang bisa dilakukan dengan berupa pengobatan secara mandiri, pemberian obat di apotik, bahkan bisa sampai dengan operasi. Biasanya radang amandel yang disebabkan oleh virus dapat diobati tanpa melakukan tindakan operasi. Bisa jugamelakukan pengobatan herbal atau alami dirumah terlebih dahulu untuk dapat membantu meredakan pembengkakan pada amandel.

Bahan alami yang dapat digunakan berupa:

Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan untuk obat amandel. Kandungan yang terdapat didalam nya adalah antibiotik dan anti inflamasi alami karena terdapat kandungan senyawa allicin. caranya dengan mengunyah 1 siung bawang putih secara langsung. Jika tidak suka dengan rasanya yang begitu kuat maka bisa melebihkan penggunaan bawang putih di setiap bumbu masakan.

Jahe Merah

Jahe merah juga dapat membantu menyembuhkan radang amandel. Kandungan yang terdapat didalamnya bersifat anti peradangan, anti bakteri, dan juga antivirus.

Jahe merah biasanya dikonsumsi dalam bentuk rebusan dan dapat ditambahkan dengan 2 sendok madu di minum pagi dan sore hari. Hal ini salah satu yang dapat membunuh bakteri dan virus penyebab amandel meradang.

Kunyit

Kunyit juga memiliki anti inflamasi dan antiseptik alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan radang amandel. Kandungan yang terdapat pada kunyit dapat melawan infeksi penyebab perih tenggorokan. Caranya dengan mencampur bubuk kunyit pada segelas susu dan bisa juga ditambahkan dengan lada hitam. Minuman ini dapat diminum di malam hari selama 2 sampai 3 hari. Radang amandel akan membaik secara perlahan.

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam dapat membantu meringankan peradangan pada amandel dan membantu mengobati infeksi. Cara nya dengan mencampurkan 1/2 sendok teh garam pada air hangat lalu diaduk hingga larut, dan kumur selama beberapa detik kemudian buang.

Ini juga dapat dilakukan jika ada anak yang mengalami peradangan amandel. Tapi pastikan bahwa anak sudah cukup dewasa untuk dapat memahami cara berkumur. Jika tidak kunjung membaik maka periksalah kedokter.

Jambu biji

Buah yang satu ini dapat menyembuhkan radang amandel. Kandungan vitamin C didalamnya akan meningkatkan daya tahan tubuh atau imun tubuh yang dapat mempercepat penyembuhan radang amandel. Dapat dikonsumsi dengan cara membuat jus jambu biji dan dikonsumsi dua kali sehari.

Kayu Manis

Sifat antimikroba yang terdapat didalam kandungan kayu manis dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya yang melekat di amandel. Bisa juga menggunakan kayu manis untuk meredakan pembengkakan dan rasa sakit pada tenggorokan.

Banyak minum

Cara yang paling mudah untuk mengobati amandel adalah dengan mengkonsumsi air putih yang banyak. Atau bisa juga memperbanyak asupan cairan bagi tubuh dengan mengkonsumsi minuman air hangat, sup, kaldu, dan teh hanga. Saat terkena radang amandel maka lebih baik sering mengkonsumsi minuman yang hangat. Bisa juga menyediakan botol besar yang berisi air untuk sambil menonton tv atau disamping tempat tidur.

Istirahat yang cukup

Dengan istirahat yang cukup maka dapat melawan infeksi virus atau bakteri. Kurangi aktifitas yang berat saat anda terkena radang tenggorokan, sebaiknya tidur nyenyak saat siang hari dan malam hari secara cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *