Ciri-Ciri Sakit Amandel

Penyakit amandel merupakan penyakit yang sering menjadi permasalahan yang cukup kompleks dan sering sering dijumpai di masyarakat terutama pada anak-anak.

Penyakit yang berada didalam tenggorokan ini menjadi satu masalah yang sering diremehkan oleh sebagian orang. Banyak yang beranggapan bahwa sakit atau radang yang terjadi pada bagian amandel bukan masalah yang besar yang perlu dikhawatirkan. Sebaliknya kondisi ini sering dianggap sebagai hal yang biasa dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Padahal nyatanya tidak demikian. Setiap gangguan pada kesehatan yang terjadi didalam tbuh sekecil apapun itu akan menyebabkan fatal jika tidak segera ditangani atau tidak segera mendapat perhatian medis atau tidak minum obat. Karena kondisi ini akan menyebar dan dapat menjalar keseluruh tubuh sehingga dapat memperparah kondisi dan bukan tidak mungkin kondisi yang dianggap sepele yang sedang dihadapi dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu jangan mengabaikan gangguan kesehatan walau tidak terlalu parah. Pergi kedokter untuk dapat melakukan pemeriksaan atau hanya sekedar berkonsultasi jika merasakan ada sesuatu yang salah didalam tubuh. Dengan melakukan konsultasi pada dokter maka segala penyakit akan lebih cepat terdeteksi. Dengan begitu penanganannya pun akan dilakukan dengan lebih cepat. Kemungkinan dari dampak  yang lebih buruk lagi dari penyakit tersebut akan bisa dihindari.

Amandel sendiri sebenarnya adalah nama dari dua buah organ yang terletak di bagian batang tenggorokan. Duah buah organ terbentuk sebagai jaringan kelenjar yang biasa disebut dengan tonsil.

Semua orang menimiliki dua buah kelenjar dengan bentuk oval ini dibagian tenggorokannya. Fungsi yang dimiliki oleh dua organ yang terdapat ditubuh ini adalah sebagai penghasil antibody untuk kekebalan tubuh. Juga fungsi dari bagian tubuh ini adalah untuk dapat menyaring atau memfilter masuknya kuman atau bakteri kedalam tubuh melalui bagian pernapasan.

Fungsi yang sangat penting ini sangat rentan mengalami masalah atau bahkan dapat terinfeksi dengan masuknya kuman atau bakteri kedalam tubuh. Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan masalah pada bagian amandel salah satunya adalah peradangan.

Pada penyakit peradangan amandel ini biasanya lebih banyak menyerang pada anak-anak. Namun tidak mungkin bahwa sebagian orang dewasa akan dapat merasakan kondisi serupa jika bagian amandel bekerja terlalu keras.

Ciri-ciri Amandel Pada Anak dan Orang Dewasa

  1. Sakit Menelan Makanan

Salah satu ciri yang dapat menandakan bahwa adanya gangguan dibagian tenggorokan adalah dengan timbulnya nyeri atau sakit pada saat akan menelan. Jika sudah merasakan kondisi seperti ini maka sebaiknya harus waspada mungkin akan ada gangguan dibagian tenggorokan.

Peradangan pada amandel selalu berkaitan dengan adanya pembengkakan dibagian amandel tersebut. Ketika bagian tenggorokan bertemu dengan zat asing melewati bagian tersebut maka akan timbul rasa sakit pada tenggorokan. Karena itu jika merasakan sulit menelan makanan atau minuman bisa saja terjadi pada saat amandel sedang meradang atau membengkak.

  1. Sulit Pada Saat Menelan

Rasa sakit yang timbul akibat benda asing yang masuk kedalam bagian tenggorokan yaitu makanan atau minuman juga dapat mengurangi kemampuan pada tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh rasa sakit yang terlalu berat ataupun ketika amandel membengkak akibat tidak adanya ruang yang dapat dilewati oleh makanan. Dua amandel yang sedang bengkak maka akan membuat celah pada tenggorokan menjadi sempit dan berakibat akan menyulitkan untuk dapat menelan sesuatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *