Cara Mengecilkan Amandel Dengan Mudah

Banyak orang yang beranggapan bahwa amandel merupakan hal yang sepele, Namun kondisi tersebut dapat mengakibatkan penyakit yang serius yang dapat mengancam kesehatan penderitnya. Anda harus mengetahui bagaimana cara mengobati amandel yang tepat dan cepat yang bisa dilakukan tanpa harus operasi.

Pada anak-anak usia pra sekolah hingga berusia pertengahan remaja maka akan lebih besar beresiko terkena amandel. Karena pada kisaran usia tersebut interaksi dengan kawan-kawan sebaya sanggat tinggi hingga peluang terkena atau tertular virus atau bakteri sangat tinggi juga. Tonsilitis dapat disebabkan oleh bakteri, yang sering dialami oleh anak yang berusia 5-15 tahun. Sementada yang biasanya disebabkan oleh virus jarang dialami oleh anak yang lebih muda usianya.

Gejala Yang Diakibatkan oleh Amandel Membesar

Gejala yang ditimbulkan biasanya akan pulih dalam waktu tiga sampai empat hari, meski sebagian besar yang disebabkan oleh tontilis ini tidak tergolong serius tetapi disarankan untuk segera menemui dokter jika anda atau anak anda mengalami gejala yang lebih dari empat hari dan tidak ada tanda – tanda pemulihan atau gelaja dapat menjadi lebih parah yang akan membuat anda sama sekali tidak bisa makan atau minum dan juga dapat kesulitan bernafas.

Bahaya dari amandel membesar

Rasa gatal yang berasa di tenggoran dapat disebabkan oleh beberapa hal, tidak hanya ada radang pada amandel tetapi bisa juga iritasi pada tenggorokan misalnya terpapar oleh asap kendaraan, asap rokok, radang tenggorokan. Untuk mengurangi alergi tersebut adalh dengan :

  • Perbanyak makan buah-buahan
  • Perbanyak mimum air putih
  • Berkumur dengan air garam
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak seperti gorengan, atau makanan yang terlalu manis, dan terlalu asam.
  • Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin

Makanan yang harus dikonsumsi oleh penderita amandel

Ada beberapa makan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita amandel membesar diantaranya adalah:

  • Buah-buahan

Buah-buahan juga banyak memiliki khasiat untuk tubuh salah satunya buah pepaya, anggur, dan sirsak banyak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan terdapat didalamnya vitamin C,B sebagai buah yang lembut yang cocok dimakan ketika anda mengalami tonsilitis dan dapat membantu sistem kekebalan dalam mengatasi kuman peradangan pada amandel, dan terdapat kandungan buah gula alaminya yang sejenis fruktosa semakin dapat menambah kenikmatan buah untuk dikonsumsi.

  • Makanan Olahan

Makanan olahan seperti makanan bubur yang lembut saat anda menderita amander membengkak merupakan  salah satu pemilihan jenis makanan yang tepat. Karena saat anda menderita penyakit amandel membengkak makan peradagan yang timbul jangan tersentuh oleh makanan yang dapat memperparah perlukaan di area amandel tersebut.

  • Rempah-rempah

Salah satu rempah-rempah yang dapat khasiat yang banyak adalah cengkeh. Cengkeh memiliki khasiat dari kandungan antioksidan yang ada di dalam nya yang efektif untuk dapat meningkatkan imunitas sekaligus dapat melawan peradangan yang disebabkan oleh bakteri.

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita amandel membengkak

Pada keadaan saat amandel yang membengkak maka penderita akan merasa tidak nyaman dan sulit makan. Ada beberapa makanan yang perlu dihindari saat amandel sedang membengkak agar amandel tidak semakin parah:

  • Makanan yang tinggi akan gula
  • Makanan pedas
  • Makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas
  • Makanan yang banyak mengandung minyak
  • Dan lain – lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *