Obat Penyakit Amandel

Obat Penyakit Amandel

Peradangan tonsil atau amandel yang terjadi pada anak – anak maka akan menyebabkan anak mudah sakit. Seperti sering terkena radang amandel dan mudah terkena infeksi virus seperti flu. Amandel dimiliki oleh semua orang, namun tidak semua orang mengalami peradangan amandel. Fungsi yang terdapat pada amandel juga sangat penting untuk tubuh karena dapat menangkal semua infeksi dari virus atau bakteri yang masuk kedalam tubuh manusia. Ketika tonsil atau amandel tidak dapat menahan serangan infeksi maka dapat menyebabkan peradangan atau pembengkakan pada amandel. Ada beberapa cara mengobati amandel yang sedang meradang:

  1. Berkumur dengan air garam

Ketika amandel menyerang pada anak yang meradang dan dapat menyebabkan rasa sakit untuk menelan makanan atau minuman, maka bisa dilakukan dengan cara kumur dengan air garam. Caranya dengan mencampur satu sendok teh garam halus dengan satu gelas air hangat. Kemudian diaduk sampai garam larut kedalam air dan berikan pengertian kepada anak untuk berkumur, jangan sampai air garam ini tertelan karena dapat menyebabkan muntah. Garam juga dapat membantu mengeluarkan cairan dari sekitar amandel yang terdapat banyak virus ataupun bakteri. Air garam juga dapat menekan pertumbuhan bakteri di sekitar tenggorokan dan amandel.

  1. Memberikan minuman hangat

Biasanya saat amandel ini menyerang anak-anak maka anak akan merasa kurang nyaman dan sulit untuk menelan makanan sampai merasa tidak nyaman untuk bernafas. Untuk mengatasi ini anda bisa memberikan air yang hangat. Minuman tersebut dapat membantu anak agar bisa menelan dengan mudahdan juga dapat memberikan efek yang menenangkan untuk bagian amandel yang sedang bengkak. anda juga dapat memberikan sup kaldu yang hangat atau minuman seperti hal nya teh yang ringan. Cara ini juga dapat membantu mengurangi dehidrasi pada anak. Langkah yang dilakukan ini bisajuga untuk menurunkan panas pada anak akibat infeksi amandel.

  1. Berikan jus lemon dan madu

Manfaat lemon dan madu sendiri sudah terbukti banyak khasiatnya untuk tubuh. Salah satunya jus dari lemon asli dan madu dapat menjadi obat ampuh untuk mengatasi amandel yang sedang terinfeksi pada anak. Air lemon dan madu mengandung senyawa anti inflamsi yang dapat mengurangi untuk resiko terkena infeksi atau peradangan pada amandel. Kandungan vitmin C yang terdapat didalam air lemon juga sangat baik untuk dapat meningkatkan kekebalan imun tubuh. Sementara madu sendiri sangat baik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan perasan air lemon berukuran sedang. Kemudian minum secara perlahan saat masih segar.

  1. Susu, kunyit dan lada

Selain kunyit dan susu maka bisa ditambahkan lada untuk dapat membantu mengatasi penyakit amandel agar cepat sembuh. Namun biasanya minuman ini diberikan untuk anak yang sudah besar atau sekitar 10-16 thn dan bisa sedikit tahan dengan rasa yang kuat yang terdapat pada lada. Lada sendiri mengandung senyawa alami yang dapat meningkatkan perlawanan terhadap infeksi yang sedang terjadi. Caranya dengan membuatkan susu seperti biasa untuk anak dan kemudian tambahkan sedikit lada dan kunyit. Jika menggunakan susu segar maka bisa merebusnya secara bersamaan. Minumlah saat masih dalam keadaan hangat sehingga rasa yang terdapat pada kunyit dan lada tidak terlalu terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *