Penyebab, Gejala dan Pencegahan Amandel (radang)

Beberapa tahun yang lalu operasi banyak digunakan sebagai solusi radang amandel. Tonsilitis adalah peradangan pada amandel disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Peran amandel adalah sebagai penyaring atau fileter bakteri dan virus yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi yang lebih berbahaya. Tindakan operasi sudah jarang dilakukan, kecuali bila peradangan sering sekali terjadi atau bila peradangan tersebut menyebabkan kesulitan untuk bernapas dan menelan.

Gejala radang amandel cukup mudah dikenali, yaitu adanya 5 tanda yaitu : kalor, dolor, rubor, tumor, dan fungsiolaseayang detailnya dapat dilihat disini.

Secara sederhana gejala ini dapat meliputi :

  1. Tenggorokan sakit
  2. Sulit atau sakit saat menelan
  3. Sakit kepala
  4. Demam dan kedinginan
  5. Pembesaran, pembengkakan kelenjar (kelenjar getah bening) disekitar rahang dan leher.
  6. Kehilangan suara

Penyebab radang amandel

Saat bakteri dan virus memasuki tubuh melalui hidung atau mulut anda, amandel berperan sebagai filter—menyelimuti organisme yang berbahaya tersebut dengan sel-sel darah putih. Ini akan menyebabkan infeksi ringan pada amandel anda, yang akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi terhadap infeksi dimasa yang akan datang. Akan tetapi, kadang-kadang amandel sudah kewalahan menahan infeksi bakteri atau virus. Inilah yang menyebabkan terjadinya tonsilitis.

Ada berbagai macam virus dan bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya radang amandel, termasuk virus yang menyebabkan mononucleosis (virus Epstein-Barr) dan bakteri yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan (Streptococcus pyogenes).

Apakah radang amandel dapat menular?

Ya, virus dan bakteri cenderung untuk berkembang pada orang-orang yang berhubungan dekat satu sama lain. Pada anak-anak dapat terjadi seperti di sekolah atau di fasilitas penitipan anak.

r7_tonsillitis2

Pemeriksaan dan diagnosis dokter

Dokter akan memeriksa amandel dan bagian belakang tenggorokan anda untuk melihat adanya tanda-tanda infeksi, seperti adanya warna kemerahan atau nanah. Bila amandel anda kelihatan mengalami infeksi dan anda mengalami tanda-tanda dan gejala lain yang mengarah pada radang tenggorokan, anda akan menjalani uji usap tenggorokan. Dengan tes yang sederhana ini, dokter akan mengusapkan semacam kasa steril pada bagian belakang tenggorokan anda untuk mendapatkan sampel air liur. Tes ini tidak menyakitkan, tapi dapat menyebabkan anda sedikit tercekat.

Sampel yang telah diambil akan diperiksa di dalam lab untuk melihat ada tidaknya bakteri streptokokus. Hasil tes dapat dilihat dalam hitungan menit atau jam, bergantung pada metode pengujian yang digunakan. Bila tes ini menunjukkan hasil yang positif, anda perlu minum antibiotik untuk mengobati infeksi yang anda alami.

Pencegahan radang amandel

Sering cuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya berbagai jenis infeksi, termasuk juga tonsilitis. Seringlah cuci tangan anda, dan beri dorongan pada anak-anak anda untuk melakukan hal yang sama.

Bila anda menggunakan sabun dan air:

  1. Basahi tangan anda dengan air hangat yang mengalir dan gunakan sabun cair atau sabun batangan yang bersih.  Gosok hingga berbusa.
  2. Gosok dengan kuat selama setidaknya 15 detik. Ajarkan pada anak-anak anda untuk mencuci tangannya selama mereka menyanyi lagu ABS, “Row, Row, Row Your Boat” atau “Selamat ulang tahun” hingga selesai.
  3. Gosok semua permukaan tangan, termasuk bagian belakang tangan, pergelangan tangan, diantara jari-jari dan dibawah kuku jari anda.
  4. Bilas dengan bersih.
  5. Keringkan tangan dengan menggunakan handuk yang bersih.
  6. Gunakan handuk tersebut untuk mematikan keran air.

Bila sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang berbahan dasar alkohol. Tuang sekitar ½ sendok teh bahan pembersih tersebut ke tangan anda. Gosok-gosok kedua tangan anda, sehingga cairan pembersih tersebut melumuri permukaan tangan anda, hingga cairan tersebut kering.

Pencegahan lain yang menggunakan logika juga dapat digunakan. Pada saat batuk atau bersin gunakan tisu atau lengan anda. Jangan menggunakan gelas minum dan peralatan makan untuk bersama-sama. Hindari berada dekat dengan orang yang sedang sakit. Cari tempat penitipan anak yang mempraktekkan kebijakan soal kebersihan dan meminta agar anak-anak yang sakit tetap berada di rumah.

referensi :

Radang amandel, web sehat group

Tonsilitis, Mayo clinic

Yang dicari pengunjung:

About Author: obatamandel
Berbagi Informasi Tentang Penyebab Amandel, Gejala Amandel, Penyakit Amandel, Operasi Amandel, Obat Amandel Untuk Anak dan Dewasa

64 comment(s) on “Penyebab, Gejala dan Pencegahan Amandel (radang)

  • dok kalau di sumbawa ada gk obat amandel

  • Apakah di setiap apotek K24 tersedia Lamandel, tempat tinggal saya di Kalasan Sleman Yogyakarta

  • Terimakasih atas ilmu nya..
    Info Ini sangat membantu kepada yg membutuhkan seperti saya ini…
    Trimss

  • dok…untuk lamandel apa dijual di surabaya

    terus jika penggunax sudah tidak anak2 lagi apa msh bisa mengkonsumsinya…jika tidak apakah operasi sebagai jalan satu2nya untuk mengangkat amandel di tenggorokan..?

    terima kasih

  • dok mau tnyaa
    apa dgan lamandel amandelnya bisa mengkecil??seperti normalnya

  • Untuk daerah jogja, lamandel bisa didapat dimana?

  • apa bisa makan bakso klu amandel??

  • dok kalau d kendari ada gak obat lamandel ??

  • vonis dokter sy tonsilitis kronis 5 th lalu suruh operasi, tapi tidak sy lakukan, selain sibuk dan takut, berapa waktu yg diperlukan bila konsumsi lamandel, di Singkawang,kalbar, pesan dimana, trims

  • Anak saya 4 tahun sering terkena radang amandel, jika sudah begitu telinganya juga terkena infeksi. Apakah obat ini bisa menyembuhkan infeksi telinga juga ?

    • lamandel lebih ke arang organ amandel dan saluran makan. bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh juga

  • dok, saya mau tanya tentang keluhan yang saya rasakan skarang ini.
    di tenggorokan saya ini seperti ada yang ganjal entah berupa apa, kmungkinan seperti dahak gitu sih, teteapi tidak kluar2 memang saya penderita amandel juga, tetapi ini rasanya di kerongkongan tenggorokan dok, jd bawaannya ga enak banget dan amandel saya skarang ini tidak bengkak atau merah jd klo menelan tidak sakit.

    dan pertanyaannya, kira2 obat lamandel ini bisa juga ga yah untuk sakit yang saya derita sekarang ini.
    trimakasih.

  • Saya seorg pengidap tonsilitis sejak berumur 5thn skrg saya sdh berusia 20thn.
    Ketika saya sakit, kemudian check up k klinik ad bbrp dokter mnyatakn sdh msk ke tahap tonsil stone.
    Ttpi stlah check up k RS trnyata tidak.
    Jd seharusnya sya harus bagaimana?
    Karena apabila saya bekerja terlalu berat(baik fisik dan pikiran) penyakit itu timbul kembali.
    Sudah berbagai macam cara telah saya upayakan namun tetap tidak berhasil.
    Klo di daerah Medan (Sumatera Utara) dimana sya bisa mendapatkannya..?
    Mohon keterangannya.

    • pada dasarnya amandel adalah organ pertahanan tubuh juga. Operasi hanya disarankan dalam kondisi darurat.
      untuk medan saat ini kami bantu kitim via tiki. terima kasih,

  • maff dokter klo obat lamadel didaerah depok ada ga?…… sya dulu pernah divonis sam dokter suruh operasi tapi saya tidak lakukan sampai sekarang……amdel saya besar……jika demam…..saya susah menelan……yang sebelh kanan sudah besar sekali…
    menurut dokter saya harus operasi atau tidak ya dokter.? mohon sarannya……..

    • depok ada di apotek K24. untuk operasi dilakukan jika kondisi darurat terpenuhi. semoga sehat selalu ya…

  • gan ane tinggal dimadiun,lamandeL ada g disini karena di apotek deket rumah gak ada.trus makanan apa yang perlu dihindari ni gan?

    • untuk madiun saat ini kami krm via tiki. hindari minuman dingin dan makanan dengan perasa buatan / pengawet.

  • dok anak saya kan radang amandel,katanya kalau dia demam sedikit,telinganya sakit dan amandelnya langsung bengkak.
    nah,dok dia bisa sembuh dengan cara apa?selain dioperasi?dan kenapa kalau dia demam telinga dan amandelnya bisa seperti itu?tolong dibantu.

  • kalo dikupang dimana lamandel bisa didapatkan?

  • gini dok ibu saya kena penyakit amandel lehernya tuh kalau di gerakin menoleh kanan kiri itu sakit katanya, kalau gitu kenapa dok???

  • dok tenggorokan saya sakit sekali udah hampir seminggu kok ga sembuh-sembuh ya..padahal udah minum cap kaki 3..apalagi kalo malam hari sakit banget dok..apakah saya amandel ya dok?kalau siang hari tidak begitu sakit dok..terima kasih ya dok..

  • Dok, saya gak tw ne amandel atau bkn soalny sy blm k dokter..
    Tp sy ngerasa ada benjolan di sebelah kiri tenggorokan, gak ada gjla lain sih.. Tp kalo d pegang skt..
    Itu amandel bkn dok?
    Trs gmna cr ngobatinnya.. Trmksh

    • posisi amandel ada di sisi kiri dan kanan.
      coba lihat di bagian video ya.
      Untuk radang coba minum lamandel sehari 3x
      semoga bisa membantu…

  • mau tanya, klo lagi radang amandel, adakah pantangan yang tidak boleh dimakan?? kebetulan, amandel saya sedang radang saat ini. ohya, saya tinggal di tangerang. kalau mau cari lamandel, ada disini gak ya?? mohon dijawab.

    • jika radang amandel, hindari minuman dingin dan makanan dengan pengawet dan perasa buatan.
      Untuk wilayah tangerang tersedia juga di shifa agency di TMP taruna 114.
      semoga sehat selalu ya….

  • Dok ! minta bantuannya, saya ingin menyembuhkan tenggorokan yang saya rasakan ! terasa ada yang mengganjal di tenggorokan saya terasa ada dahak yang menggumpal di tenggorokan saya (sakit sih tidak cuma menggangu saja) sudah dua kali saya periksa ke dokter namun belum sembuh juga, yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Apakah yang mengganggu di tenggorokan saya, apakah itu gumpalan dahak ?
    2. Apakah saya amandel ?
    3. Apakah solusinya Dok !
    4. Apakah obatnya yang ampuh, Dok ! Kemana saya harus beli !

    Terima kasih Dokter apabila berkenan membalas keluhan dari saya !!
    Salam Sehat Selalu

  • Sy lg mrasakn amandel ne dok..tp sy konstmsi semangka,ga papa tu kn dok?

  • gan…… lamandel dapat di peroleh dari apotek mana? aq sdh cari keliling makassar nda ketemu

  • dok saya punya penyakit amandel emang kao punya penyakit amandel bisa ber pengaruh pada jantung ya soalnya sejak saya punya penyakit ini jantung saya detaknya kerasa sampai ke tangan dan prut

  • saya sering sakit tenggorokan kalo terlalu lama mengajar ato bahkan tidak terlalu lama saya tidak seperti dulu bisa menjerit sekuatnya tetapi skarang sering kepelitut, di belakang dagu sering sakit kalo abis ngajar saya hobynya menjadi trainer jd banyak bicara tetapi keadaan ini sangat mengganggu

  • Anak saya bernama Ricko, umur 8 tahun, dinyatakan terkena pembengkakan amandel. Efek dari pembengkakan amandel ada yang bilang bisa mempengaruhi kecerdasan dan ginjal, apakah benar? Terima kasih.

    • terkait dengan kecerdasan langsung tidak.
      Tapi jika anak sakit maka akan malas belajar, sehingga bisa berakibat nilainya di sekolah kurang baik.

  • tenggorokan saya beberapa hari ini terasa sakit dan susah untuk menelan? apakah saya terkena amandel? karena adik saya mengidap amandel, apakah bisa menular kepada saya?

  • apakah minum air putih juga membantu penyembuhan?

  • anak sy usia 4th7bln, tenggorokannya sring skit dr bilang amandel, stiap kumat dia dmam dan sy msti ke dr minta obat, sy mo tanya
    1. mkanan apa yg pas buat dia konsumsi spaya jarang kumat
    2. obat yg mesti sy harus sdiakan obat apa?
    3. apa prlu operasi
    thanks

  • Amamdel saya kadang terasa ga enak, walau bengkaknya tidak terlalu besar. Kadang pd permukaan yg tidak rata ada kotoran putih yg baunya tidak sedap. Apakah obat yg ditawarkan bisa untuk masalah ini. Tolong jawaban diforward ke email juga. Terima kasih sebelumnya.

    • Masalah di amandel umumnya ada 2 yaitu radang amandel (tonsilitis) dan batu amandel (tonsil stone)
      keduanya berbeda walau berkaitan. Lamandel bisa membantu juga untuk masalah ini.
      semoga sehat selalu…..

  • Jadi gini gan, temen ane punya amandel dia, nah tapi belom dioperasi juga karena jarang sekali meradang gan. Kebetulan dia baru sembuh gan dari flu, terus dia ngeluh ke ane, dia bilang ada yang beda sama tenggorokannya. Ini gan ane rinci keluhannya dia, seperti berikut :

    1. Berasa plong tenggorokan, kalo minum air ga berasa “glek..glek..”-nya gan.

    2. Tarik nafas berasa langsung masuk ke dada, ga lewat tenggorokan.

    3. Kalo nelen ludah, tenggorokannya ga berasa basah.

    4. Daging yang diatas tenggorokan (ane ga tau apa namanya) berasa turun nyentuh ke lidah.

    5. Kaya berasa ada yang ilang dari tenggorokannya.

    Keluhan dia sebelumnya, dia bilang tenggorokannya berasa kering terus gan, nah tolong bantuannya ya

  • trimakasih informasinya…..

  • pak saya tinggal di cicurug sukabumi jabar… berapa harganya? tq.

  • kerongkongan saya seperti ada yang nyangkut,kaya ada yg mengganjal.tapi gak sakit.kata dokter itu gara2 infeksi amandel.
    1. apakah mang demikian?
    2. apakah obat yang tepat untuk infeksi tersebut
    makasih

    • Saat meradang organ amandel akan membesar, hal ini dapat terjadi.
      Untuk pengatasannya dapat dikonsumsi lamandel sehari 3x.
      semoga dapat membantu. terima kasih….

  • saya mw tanya amandel saya sudah nempel bgt dan sudah hampir menutupi tenggorokan tapi tdk da rasa skt saat menelan mknan cma sakit kepala dan sakit tenggorokannya……
    apakah itu sudah berbahaya dan harus di operasi.

    • Pada dasarnya operasi hanya disarankan untuk kondisi darurat saja.
      Silahkan coba minum lamandel sehari 1x untuk mencegah radang datang,
      dan sehari 3x jika sedang radang. semoga membantu ya….

  • ijin copy …

  • Pingback: video radang amandel | Cara Alami Tuntaskan Radang Amandel & Tenggorokan Gatal

  • Pingback: operasi amandel atau tonsil | Cara Alami Tuntaskan Radang Amandel & Tenggorokan Gatal